Pai Kau : Film Drama Suspense Bernuansa Hong Kong

02 February 2018

Sejak era keterbukaan dimulai,  kita menemukan beberapa film diproduksi dengan mengambil tema etnis Tionghoa. Dan rata-rata mengedepankan genre drama. Simaklah  Ca-bau-kan (2002),  The Photograph (2007),   Karma (2008), May (2008), Cin(T)a (2009), Rawa Kucing (2013), Silent Hero(es) (2015), Ngenest (2015), dan kini pada 2018 muncul Pai Kau.

 

Hanya  Pai Kau mengangkat genre  yang berbeda dari film-film Tionghoa sebelumnya. Pai Kau mengedepankan drama dibalut dengan suspense. Film ini memuat tema keluarga, percintaan dibalut dalam jenis cerita suspense drama. “Ada ketegangan, ada keseruan," kata Tekun Ji, Sang produser, “Ini memberikan warna berbeda, ada "feel" film Hong Kong-nya. Petualangan seru dengan twist mengejutkan bisa dirasakan dalam film ini,” tambah Tekun Ji.

Kata "Pai Kau" diambil dari permainan domino dari Tiongkok yang juga dikenal dengan sebutan Pai Gow. Ini berhubungan dengan inti cerita yang pada dasarnya merupakan pertarungan dua perempuan dalam memperebutkan seorang lelaki (catfight story).

"Secara konsep, catfight ini terjadi karena sesuatu hal yang dilakukan pada masa lalu. Jadi kayak efek domino. Kalau lu melakukan ini, pasti dominonya begini," jelas Sidi Saleh, sutradara, produser dan penulis skenario bersama Tekun Ji dan Irina Chiu.

Film produksi Archipelago Pictures bekerjasama dengan Kaninga Pictures ini, bakal  dirilis seiring menjelang Imlek atau tahun baru China. “Pai Kau adalah film suspense, teror sekaligus budaya melalui tradisi pernikahan China,” terang Sidi Saleh, sutradara peraih penghargaan Orrizonti pada Festival Film Venice 2014 lewat film pendeknya berjudul ‘Maryam’. “Film ini disajikan dengan pendekatan film-film Hongkong,” Irina Chiu menambahkan.

Film Pai Kau berjalan  menceritakan Lucy (Irina Chiu) anak mafia, yang bakal menikah dengan Edy (Anthony Xie). Di tengah situasi ini muncul Siska (Ineke Valentina), perempuan misterius yang diperkenalkan Edy sebagai sepupu dari luar kota. Siska sesungguhnya adalah sosok yang bakal mengancam hari bahagia Lucy dan Edy.

Pai Kau dibintangi oleh Anthony Xie (Edy Wijaya), Irina Chiu (Lucy), Ineke Valentina (Siska), Verdi Solaiman (Koh Jun), Tjie Jan Tan (Koh Liem), Natasha Gott (Shinta) dan Richard Oh (Koh Richard) ini memperlihatkan suasana keluarga Tionghoa yang dibangun cukup sempurna. Bukan hanya wajah oriental yang hadir, namun juga ornament berorientasi ke seni Cina, Bahasa percakapan yang kental kedaerahannya,   juga suasana pesta adat muncul menguatkan cerita.

Menurut Sidi Saleh  yang telah membuat sejumlah film pendek, seperti Full Moon (segmen Belkibolang), Silent, serta Maryam dan meraih penghargaan di Venice Film Festival 2014, film bukan sekadar penciptaan ekspresi kesenian. “Namun juga koneksi tiap elemen, baik internal maupun eksternal, selalu berubah mengikuti intensi penciptaan dan menjadi sebuah kesatuan utuh," kata Sidi. XPOSEINDONESIA NS Foto Muhamad Ihsan

More Pictures

Last modified on Friday, 02 February 2018 08:39
Login to post comments

Film

May 12, 2018 0

Film Zeta : Zombie Pertama di Indonesia.

Ini film tentang zombie yang sangat berbeda dari film...
May 11, 2018 0

Film "Anak Negeri Megalith" Sebar Bea Siswa untuk 68 Orang

Rumah produksi Benning Pictures menghadirkan film bertajuk...
May 3, 2018 0

ACI Dipuji Rizal Ramli

Ekonom senior DR. Rizal Ramli   memuji  semangat dan ...
April 17, 2018 0

"Terbang Menembus Langit"

Film ‘Terbang Menembus Langit’ karya sutradara Fajar...