Sweet 20 : Adaptasi Korea yang Lebih Segar

22 June 2017

Sweet 20 adalah film drama komedi romantis musikal yang diadaptasi dari film Korea Selatan berjudul Miss Granny. Sweet 20  yang dimainkan  Ninik L Karim, Slamet Rahardjo, Tatjana Saphira, Morgan Oey, Kevin Julio, Cut Mini, Widyawati Sophiaan ini diproduksi dari hasil kerja sama dua negara yakni Starvision Plus (Indonesia) dan CJ Entertainment (Korea Selatan). 

Film yang disutradarai Ody C. Harahap  ini mengisahkan tentang Fatmawati (Ninik L Karim), seorang nenek berusia 70 tahun yang secara ajaib mendapati tubuhnya kembali ke usia 20-an  (Tatjana Saphira) setelah ia melakukan foto di sebuah studio foto yang misterius.  Fatmawati muda berubah nama menjadi Mieke Wijaya. Kisah Miss Granny versi Indonesia ini ditulis ulang oleh Upi Avianto sebagai penulis skenario yang juga merangkap sebagai produser kreatif.

Karena ini merupakan film adaptasi resmi, secara storyline tentu dibuat sama. Namun, menurut sang produser Chand Parvez  Servia,  jalan cerita sengaja disisipkan dengan beberapa kearifan lokal., disesuaikan dengan tradisi dan situasi di Indonesia. "Ceritanya sama. Tapi ada unsur Indonesia yang kuat dimasukkan dalam cerita. Seperti munculnya lagu dangdut. Ada cerita lebaran,  masakan sayur lodeh," jelas  Chan Parvez.

Dari sisi akting,  Niniek L Karim, Slamet Rahardjo dan  Widyawati  memperlihatkan akting sempurna sebagai pemain senior yang berkelas. Pujian khusus patut disematkan untuk Tatjana Saphira yang berperan sebagai Fatmawati muda.  Gesturenya    luwes. Ia tidak canggung    “memainkan”  tubuhnya yang berubah wujud    dari perempuan tua menjadi wanita 20-an.  Ia juga bisa mengimbangi akting Slamet Rahardjo yang berperan sebagai Hamzah, pria tua yang memendam cinta tak berbalas dari Fatmawati.

Pujian lebih dipusatkan untuk Tatjana  karena ia berperan pula sebagai penyanyi.  “Ada empat lagu yang saya nyanyikan sendiri, judulnya ‘Bing’, ‘Payung Fantasi’, ‘Layu Sebelum Berkembang’, dan ‘Meraih Asa’. “Semua lagu itu baru pertama kali aku dengar, tapi seru karena ada edukasi dari lagu yang aku bawakan," tutur Tatjana Saphira.

Sweet 20 dirilis tepat pada hari raya Idul Fitri pada 25 Juni 2017 dan bersaing lumayan keras dengan film unggulan Lebaran lainnya  “Jailngkung”, “Insya Allah Sah”, “Surat Kecil Untuk Tuhan” XPOSEINDONESIA/NS  Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

 

Last modified on Tuesday, 04 July 2017 05:38
Login to post comments

Film

November 19, 2017 0

Bagiono Prabowo Raih Gelar dari Brazil dan Kutai

Ketua Umum Perkumpulan Artis Film Indonesia (Pafindo)...
November 16, 2017 0

Satu Hari Nanti : Mencari Esensi Cinta & Kehidupan

Rumah Film bersama dengan Evergreen Pictures memproduksi...
November 13, 2017 0

Deddy Corbuzier Nyanyi untuk Soundtrack Film Knight Kris

Sebuah film animasi baru bertajuk Knight Kris  bakal...
November 3, 2017 0

Wage Proses kreatif ‘Indonesia Raya’ 3 Stanza

Wage atau Wage Rudolf Supratman, biasa ditulis WR...