Digugat Penulis Benyamin Biang Kerok, Ody Mulya Hidayat Merasa Sudah Memberi Apresiasi

28 March 2018

Pembicaraan soal film "Benyamin Biang Kerok" versi baru  ternyata belum juga mau berakhir.   Meskipun film sudah  lama diturunkan dari layar,  dengan nilai perolehan penonton yang kurang kinclong  di banding produksi Falcon Pictures yang lain (hanya mencapai angka 740.196.) kini, produsernya Ody Mulya Hidayat dan Falcon Pictures masih terus menerima  rongrongan gugatan dari Syamsul Fuad (83), penulis  asli dari film Benyamin Biang  Kerok (1972).

 

Gugatan Syamsul Fuad  sendiri sebetulnya cukup mengejutkan Ody Mulya Hidayat, produser yang memproduksi ulang film tersebut.  Karena  menurut Ody sesungguhnya, mereka sudah bicara baik-baik. “Dan juga memberi apresiasi kepada Pak Syamsul Fuad, sesuai permintaan beliau. Makanya saya terkejut ketika digugat ke pengadilan," kata Ody saat ditemui xposeindonesi.com, Selasa (27/3/2018).

Menurut Ody, sesungguhnya pihaknya tidak ingin berpolemik di media terkait gugatan itu.  "Saya berharap bisa dibicarakan secara kekeluargaan," ungkap Oddy.

Ody mengaku sebenarnya proses mediasi sudah berlangsung sebelum munculnya gugatan dari Syamsul.  “Kami membeli film Benyamin Biang Kerok dari Beno Benyamin (anak almarhum Benyamin S) selaku pemilik film. Karena itu seluruh hak film sudah berpindah. Dan tidak ada kewajiban kami untuk  membayar ke penulis, DOP, sutradara dan lainnya,” ungkap Ody lagi.

Menurut Oddy lagi, "Saya juga memberi apresiasi berupa pencantuman nama Pak Syamsul Fuad di film Benyamin Biang Kerok sebagai penulis asli tahun 1972, dan menawarkan uang sampai Rp25 Juta meskipun tidak ada kewajiban saya untuk membayar. Tapi tawaran itu ditolak Pak Syamsul sampai kemudian muncul gugatan," jelasnya.

Sebagai pelaku industri film, Ody  ingin berkonsentrasi membuat film tanpa terganggu masalah yang tidak produktif.  "Saya sangat berhati-hati dan tidak sembrono dalam menggarap setiap film," tegas Ody yang juga menjadi produser film Dilan 1990 dan sukses  meraih perolehan angka penonton hingga di atas 6 juta lebih ini.

Ody  berharap masalah film Benyamin Biang Kerok  ini bisa diselesaikan di luar pengadilan. Namun jika tidak bisa berdamai juga,” Ya kami akan siap menempuh jalur hukum dengan menggugat balik," katanya.

Seperti diketahui, penulis cerita asli Benyamin Biang Kerok (1972), Syamsul Fuad (83) menggugat sejumlah pihak terkait film yang diproduksi ulang itu, antaranya PT Falcon.

Sidang perdana kasus gugatan yang tak dihadiri pihak tergugat berlangsung di PN Jakpus pada Kamis (22/3/2018). Sidang ditunda hingga 5 April mendatang. XPOSEINDONESIA/NS Foto : Dokumentasi


Login to post comments

Film

November 12, 2018 0

Kiera : Perempuan dengan Kepribadian Terbelah Tujuh

‘Kiera’  adalah sebuah film  yang mengungkap tentang...
November 6, 2018 0

The Grinch Mencuri Natal

The Grinch  (juga dikenal sebagai Dr. Seuss 'The Grinch)...
October 25, 2018 0

Dear Nathan Hello Salma, Film Cinta Remaja dengan Pesan Moral yang Menggugah

Setelah sukses  lewat film pertama bertajuk ‘Dear Nathan’,...
September 26, 2018 0

‘Something in Between’ Drama Percintaan Penuh Teka Teki

“Bagaimana mungkin sesuatu yang tidak pernah kita alami,...