Jailangkung  "Melayang"  di Hari Raya 

31 May 2017

16 tahun lalu, Rizal Mantovani dan Jose Poernomo sukses menyutradarai film horor 'Jelangkung' dengan meraih 5,7 juta penonton.  Tahun 2017 Jose dan Rizal  bersama Screenplay Films, Legacy Pictures, Sukdhev Singh, Wicky V Olindo sebagai produser dan skenario ditulis Baskoro Adi Wuryanto bersatu mempersembahkan film berjudul sama, 'Jailangkung', namun memuat kisah horor yang berbeda. 

 

Film yang menampilkan Wulan Guritno, Amanda Rawles, Lukman Sardi, Hannah Al-Rashid, Jefri Nichol, dan Augie Fantinus ini akan tayang di hari lebaran, 25 Juni 2017. Film ini menurut Jose menerapkan ide cerita baru yakni usaha anak-anak menyelamatkan orang tua. Baik Jose maupun Rizal tidak memusatkan narasi film Jailangkung  hanya pada tokoh utama.

"Jadi (Jailangkung) ini cerita keluarga. Penekanan benar-benar di ensemble cast, walaupun kita kedepankan Amanda Rawless dan Jefry Nichol," ujar Jose Purnomo di XXI Plaza Senayan, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (30/5).

Ensemble cast adalah istilah yang merujuk pada salah satu tokoh, dalam narasi yang mempunyai banyak tokoh utama. Sekian tokoh memiliki alur cerita sendiri dan membuat keseluruhan narasi tidak tergantung pada tindakan satu atau sekelompok tokoh utama.

"Semua karakter  di sini sama pentingnya. Hana al Rasyid, Lukman Sardi . Jadi nggak ada salah satu di natara mereka. Cerita nggak untuh gitu,"  kata Jose.

Menurut Jose, ‘Jailangkung’ bukan sekuel dari film sebelumnya, namun seperti lanjutan terutama ketika tokoh Ferdi (diperankan Lukman Sardi), dihadapkan pada sosok boneka jelangkung. Film ini berkisah ketika seorang pria bernama Ferdi (Lukman Sardi), tiba-tiba koma dan membuat keluarga khawatir. Ketiga putrinya, Bella (Amanda Rawles), sang kakak (Hanna Al-Rashid), si bungsu Tasya (Gabriela Quinlyn), dan istrinya, Sarah (Wulan Guritno), mencoba memecahkan misteri ini.

Keluarga ini kemudian dibantu oleh Rama (Jefri Nichol), teman kampus Bella, dan seorang pilot bernama Capt Wardana (Augie Fantinus) yang membantu mereka menuju ke tempat Ferdi ditemukan, yaitu sebuah rumah megah. Dan tanpa diduga, mereka menemukan jailangkung yang menjadi kunci rahasia gelap masa lalu.

Menurut  Jose, dana produksi film ini mencapai angka Rp 9 miliar lebih. Meski pada awalnya dihitung dengan angka Rp 6 miliar. “Nilai ini memungkinkan kami leluasa dalam mewujudkan berbagai konsep dan elemen cerita.” 

Pernyataan ini disetujui Wicky sang produser, “Kebutuhan tertinggi adalah soal lokasi dan pengerjaan efek spesial. Budget besar karena syuting di banyak tempat. Secara produksi memang menyangkut banyak spesial effect, bukan hanya visual effect, tapi juga practical effect. Jadi banyaklah," kata Wicky.

Syuting dilakukan di  Jakarta, Sukabumi, Purwokerto, Cimahi, Bali, Pulau Menjangan, dan Pulau Satonda. Produksi juga menggunakan pesawat berjenis sea-plane sebagai salah satu elemen penting kisah.

Di luar soal produksi, film ini  menggunakan mantera berbeda dari film di 2001 yang berbunyi 'Datang Tak Dijemput, Pulang Tak Di Antar'. Mantra film 20017 berbunyi 'Datang Gendong, Pulang Bopong'.

Jose menyebut, sehabis syuting 'Jelangkung', banyak orang datang  padanya dengan ilmu yang berbeda. “Ada yang mengaku datang dari keluarga Padjajaran, ada yang mengaku keluarga segala macam," ujar Jose 

Dari pertemuan itu, Jose mendapat banyak masukan dan pengetahuan bahwa ternyata mantra yang dibawakan memiliki banyak makna. “Mantra yang sekarang gampang datangnya (jelangkungnya). Serius, coba deh," kata Jose yang mengaku bergidik ngeri saat menceritakan soal ini. XPOSEINDONESIA/NS Foto : Dudut Suhendra Putra

More Pictures

Last modified on Wednesday, 31 May 2017 08:57
Login to post comments

Film

December 13, 2017 0

Natasha Rizki Ninggalin Keluarga Demi ACI

Aktris Natasha Rizki (24) tahun terpaksa meninggalkan sang...
December 8, 2017 0

“Satu Hari Nanti” Khusus untuk 21 Tahun ke Atas

Film untuk 21 tahun ke atas seperti apa? Tontonlah Satu...
December 7, 2017 0

5 Cowok Jagoan Mengubah Aktor jadi Komedian

"5 Cowok Jagoan " adalah tontonan ringan juga segar. Film...
December 5, 2017 0

Tio Duarte, Mendalami Peran Serius demi Stadhius Schandaal

Kenalkah Anda pada  Tio Duarte? Mungkin nama ini kurang...