XXI Short Film Festival 2015

19 December 2014

XXI Short Film Festival 2015 akan memasuki tahun ketiga penyelenggaraan. Sebanyak 641 judul film pendek telah mendaftarkan diri.  Di antara jumlah itu, mereka  tercatat untuk tiga kategori penilaian: Film Pendek Fiksi Naratif  (471 film); Film Pendek Dokumenter (108 film); dan Film Pendek Animasi (62 film).

 "Jumlah ini merupakan peningkatan yang sangat signifikan dari tahun lalu. Kami senang sekaligus bangga atas animo yang luar biasa dari para pembuat film di seluruh Indonesia," ungkap Catherine Keng, Festival Director XXI Short Film Festival saat media gathering di XXI Kota Kasablanka, Kamis (18/12/2014).

“Semoga ini menunjukkan bahwa ada peningkatan minat serta kualitas film pendek dari para pembuat film di Indonesia. Kami berterima kasih bahwa XXI Short Film Festival masih dipercaya menjadi salah satu ajang tolak ukur perkembangan film pendek nasional,” tambah Catherine Keng

Seluruh film akan diseleksi lagi menjadi 10 finalis di setiap kategori untuk memperebutkan penghargaan sebagai  Film Pendek Terbaik (masing-masing kategori), Film Pendek Pilihan Media (masing-masing kategori), Film Pendek Penghargaan Khusus Indonesian Motion Pictures Association (IMPAS), dan Film Pendek Favorit. Selain penghargaan, film-film pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai, beasiswa, dan yang paling bergengsi adalah pemutaran film-film pemenang di jaringan bioskop Cinema XXI seusai festival.

Selain kompetisi film pendek, XXI Short Film Festival 2015 juga kembali menghadirkan Pitching Forum. Acara ini merupakan sebuah program bagi para filmmaker pemula untuk mempresentasikan ide cerita film pendek mereka yang akan berkesempatan meraih pendanaan dari Cinema XXI..
Pada tahun ketiga ini XXI Short Film Festival juga akan menghadirkan sederet Filmmakers berkelas internasional dari A-list speaker untuk memberikan Master Class mengenai filmmaking dan film education.

Workshop seputar film pendek juga akan tetap hadir dalam XXI Short Film Festival 2015, workshop akan hadir dalam jumlah yang lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya dengan menghadirkan para pembicara dari pelaku industri perfilman tanah air. Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap filmmaker untuk mengembangkan kemampuannya.

Keseluruhan program XXI Short Film Festival ke-3 akan diadakan tanggal 18-22 Maret 2015 di Epicentrum XXI, Jakarta. Seluruh program festival ini akan diadakan secara gratis dan terbuka untuk umum. XPOSEINDONESIA/NS Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

 

Last modified on Saturday, 20 December 2014 00:01
Login to post comments

Film

November 19, 2017 0

Bagiono Prabowo Raih Gelar dari Brazil dan Kutai

Ketua Umum Perkumpulan Artis Film Indonesia (Pafindo)...
November 16, 2017 0

Satu Hari Nanti : Mencari Esensi Cinta & Kehidupan

Rumah Film bersama dengan Evergreen Pictures memproduksi...
November 13, 2017 0

Deddy Corbuzier Nyanyi untuk Soundtrack Film Knight Kris

Sebuah film animasi baru bertajuk Knight Kris  bakal...
November 3, 2017 0

Wage Proses kreatif ‘Indonesia Raya’ 3 Stanza

Wage atau Wage Rudolf Supratman, biasa ditulis WR...