Warga Baduy Luar Mengikuti Pilkada Serentak

01 July 2018

Ada yang unik ketika menyaksikan warga Baduy Luar, Banten ketika turut serta dalam Pemilihan Bupati Lebak 2018 ini. Warga Baduy menggunakan hak pilihnya di 13 tempat pemungutan suara (TPS) yang telah ditetapkan.

 

Dari catatan yang ada tercatat jumlah total daftar pemilih tetap (DPT) dari daerah ini  sebanyak 6.810 jiwa dan yang berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini mencapai 38% pemilih.

Keunikan yang terekam ketika menyaksikan warga Baduy tersebut menggunakan hak pilihnya adalah suasana hening yang terjadi. Tanpa banyak berbicara satu sama lain, mereka terlihat sungguh-sungguh menggunakan hak pilihnya. 

Seperti yang terlihat di TPS 2 Kampung Cicempaka, Lebak, sedari pagi hari tampak warga turun meyusuri hutan adat dari kampung-kampung mereka. Sebagian besar turun dengan membawa hasil bumi, singgah sebentar ke TPS dan melaksanakan pencoblosan kemudian beranjak pergi lagi.

Terbatasnya informasi dan alat peraga bagaimana cara pencoblosan, mengharuskan panitia di tiap TPS memberikan informasi dan peragaan langsung pada tiap kali terlihat antrian baru. Dan hal tersebut dilakukan berulangkali. Tapi diluar keterbatasan yang terjadi, pencoblosan yang dilakukan warga Baduy Luar tersebut berlangsung lancar, aman dan kondusif.

Pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Lebak hanya diikuti pasangan tunggal dari petahana Iti Octavia-Ade Sumardi melawan kolom kosong. Dari hasil yang didapatkan, pasangan Iti Octavia Jayabaya - Ade Sumardi unggul dengan perolehan 2.147 suara, melawan kotak kosong yang dipilih sebanyak 444 pemilih.

Sedikitnya pemilih yang menggunakan hak suaranya menurut Panitia Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari Suku Baduy, Mulyono disebabkan suku Baduy Luar banyak yang memilih berladang. "Saat ini tengah musim berladang, banyak yang memilih pergi ke ladang" ujar Mulyono pada Rabu (27/06/2018). – XPOSEINDONESIA Teks dan Foto AM

More Pictures

Login to post comments