Kompetisi Karada Dance dan Cara Mudah Belajar Bahasa Jepang

20 January 2018

Untuk memeriahkan puncak Kompetisi Final Karada Dance aJapan dan juga untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang WakuWaku Japan Corporation menggelar acara kontes menari dengan titel “Kontes Karada Dance aJapan”.  Program original yang sedang tayang di WakuWaku Japan, yakni “Asonde Manabu Nihongo aJapan / Let’s Enjoy! Play and Learn Japanese”.

Acara ini adalah program edukasi untuk anak-anak yang tinggal di luar negeri supaya tidak merasa asing dengan Bahasa Jepang. Cara belajarnyapun dibuat fun melalui lagu, irama dan animasi yang dapat dinikmati orang tua dan anak-anak.  Dipadukan dengan lagu senam “Ebikanics” yaitu lagu orijinal program yang lirik dan lagunya diciptakan oleh Keropons yang sangat populer di kalangan anak-anak. 

Kompetisi final yang dilangsungkan pada hari Sabtu 20 Januari 2018 di SD Global Islamic School, Condet, Jakarta Timur tersebut menampilkan 8 orang/ group finalis dari 100 peminat yang terseleksi. Kazuhito Kosaka atau lebih pop dikenal sebagai  yang juga menjadi Ambasador Waku Waku Japan menjadi juri tunggal acara ini.

“Kalau belajar bahasa sambil dipadu dengan gerak dan musik akan lebih cepat mengingat. Dan saya mempunyai keinginan untuk lebih mengenalkan budaya Jepang dan artis-artis Jepang ke Indonesia. Orang Indonesia sangat hangat, dan ini kedua kalinya saya datang ke Jakarta, Indonesia”, oleh Piko Taro ketika memperkenalkan dirinya.

“Pemenang saya pilih bukan dari bagaimana mereka pandai menari, tetapi bagaimana mereka menari dengan ceria, gembira, dan bahagia. Itu point yang akan saya berikan,  kepada para finalis Karada Dance hari ini”, pungkas Piko Taro kembali.

Sebelum acara kompetisi final Karada Dance dimulai, Hiroaki Kato, selaku pembawa acara mengajak para peserta yang hadir di acara tersebut untuk belajar bahasa Jepang sehari-hari yang sangat mendasar dan mudah. Tidak lupa juga menyelipkan kata-kata Atama (Kepala), Kao (Wajah), Kata (Bahu), Mune (Dada), Onaka (Perut), yang merupakan kata-kata yang digunakan di Karada Dance.

Finalis yang berasal dari berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Purwoketo, dan Yogyakarta ini berkompetisi dengan baik. Setelah melalui pemilihan yang ketat, pemenangnya di rebut oleh peserta kakak beradik dari Bandung yang berhak menggondol hadiah utama yakni perjalanan ke Jepang.

Kompetisi Karada Dance aJapan ini mulai berjalan dan masa seleksi sejak 25 September hingga 29 Desember 2017. Sebagai sebuah project yang juga tengah mempromosikan kontes ini ke seluruh dunia, peserta diharuskan untuk menarikan Karada Dance, direkam lalu diunggah di Instagram. Kita tunggu lagi kompetisi lainnya dri program WakuWaku Japan lainnya. – XPOSE INDONESIA/ AM – Foto:  M. Ihsan

More Pictures

 

Last modified on Monday, 22 January 2018 09:00
Login to post comments