Indonesian Movie Week Resmi Dibuka

03 June 2017

Indonesian Movie Week diresmikan oleh Duta Besar RI untuk Kroasia Syachroedin Zainal Pagaralam di bioskop Kino Tuscanac, Zagreb, Kroasia, Sabtu (3/6/2017) waktu setempat. Hadir sejumlah sineas dari Indonesia seperti Slamet Rahardjo, Lola Amaria, Harry Dagoe, Dhoni Ramadhan, Thia Yufada, para undangan  dari  kalangan Diplomatik di Zagreb, Kalangan Perfiliman Kroasia dan masyarakat umum.

Sebelum film diputar, muncul dua penari yang membawakan tari Yapong dari Betawi. Tarian yang gembira dengan gerakan dinamis dan eksotis ini dibawakan salah satunya oleh penari berkebangsaan Kroasia.

Kemudian Slamet Rahardjo, mewakili sineas Indonesia naik pangggung memberi pidato singkat dalam bahasa Inggris yang menggetarkan. "Saya sungguh terkejut juga terharu dengan undangan langsung dari Pak Duta Besar, di mana ia meminta langsung pada kami untuk menemaninya  memperkenakan Indonesia sebagai  sebuah negeri  surgawi yang memiliki ribuan kepulauan, di mana  setiap ratusan kilometer kami memiliki bahasa yang berbeda. Bisa dibayangkan betapa kayanya kami dalam kebudayaan. Dan betapa miskinnya kami  karena tidak  punya banyak kesempatan untuk menggali seluruh kekayaan tersebut."

Lebih lanjut Slamet mengatakan bahwa lewat acara ini, "Kami ingin menyentuh kembali perasaan cinta dan persahabatan lama  antara Indonesia dan Kroasia  yang sudah  pernah ditanamkan oleh para pendahulu kita!"

Sementara itu, dalam sambutannya  Duta Besar Syachroedin Zainal Pagaralam mengatakan,  acara IMW ini sengaja diselenggarakan dalam rangka memperingati 25  tahun hibungan diplomatik yang sudah terjalin antara Kroasia dan Indonesia.

"Semoga dengan event ini  hubungan Indonesia dan Kroasia di bidang kebudayaan akan semakin dekat. Dan di masa depan,  diharapkan akan ada pertukaran kebudayàn yang akan lebih mempererat hubungan dua negara!"

Malam ini, film pertama yang diputar adalah 'Gending Sriwijaya' karya sutradara Hanung Bramantyo. Film drama laga  dengan setting  abad 16 ini diproduksi pada 2013, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan.

Film kedua yang diputar  adalah "Labuan Hati' karya sutradara Lola Amaria. Film yang ditayangkan pada 2017 ini bercerita tentang tiga perempuan dengan permasalahan yang berbeda tergoda satu pria yang sama, ketika mereka melakukan perjalanan ke Labuan Bajo.

IMW akan berlangsung sampai 7 Juni dengan agenda pemutaran selanjutnya film Sunya (Harry Dagoe)  dan Kisah 3 Titik (Lola Amaria). XPOSEINDONESIA/Nini Sunny dari Zagreb. Foto dok Indonesia Movie Week

More Pictures

Last modified on Saturday, 17 June 2017 02:43
Login to post comments