5 film Indonesia  Tayang di Zagreb lewat IMW 2017

30 May 2017

Film bisa menjadi sarana sosialisasi bagi program di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Zagreb. Begitu pendapat Duta Besar Indonesia untuk Zagreb, Syachroedin Zainal Pagaralam, “Film merupakan media promosi budaya yang sangat efektif, karena mengandung nilai hiburan dan dapat dinikmati oleh banyak kalangan. Masyarakat Kroasia menyukai film-film asing, itu bisa dilihat dari kegiatan festival di beberapa kota selama ini. Pemutaran film Indonesia nanti semoga mendapat sambutan masyarakat di sini,” kata Dubes Syachroedin Zainal Pagaralam baru-baru ini.

Untuk itulah Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Zagreb menyelenggarakan Indonesian Movie Week (IMW) dari 2-7 Juni 2017. Direncanakan lima film Indonesia akan tayang di dua bioskop di Kroasia , yakni film ‘Gending Sriwijaya’, ‘Kisah 3 Titik’, ‘Sunya’, ‘ MARS’, dan ‘Labuan Hati’. Dipilihnya film  tersebut selain memiliki nilai hiburan juga akan menunjukkan sisi budaya serta alam Indonesia kepada Kroasia.

Kegiatan IMW 2017 merupakan yang pertamakalinya diadakan sejak KBRI Zagreb dibuka pada tahun 2010. IMW 2017 diinisiasi oleh bebeapa pihak dari Indonesia yaitu sutradara film Bambang Drias bersama produser Dhoni Ramadhan dan jurnalis pengurus Forum Pewarta Film, Teguh Imam Suryadi.

Menurut Bambang Drias, IMW 2017 merupakan pilot project dari kegiatan Indonesia Movie Week yang juga akan dilaksanakan di beberapa negara. 

“IMW di Kroasia ini proyek percontohan dari acara yang juga siap kami adakan di Amerika dan China,” kata Bambang  Drias yang menyutradarai beberapa film, antaranya Erau Kota Raja, Romansa: Gending di Tanah Turki, The Promise, dan lain-lain. 

Lima film Indonsia tadi akan diputar secara gratis untuk masyarakat Kroasia, termasuk masyarakat Indonesia yang ada di sana. Pemutaran film dijadwalkan di dua bioskop, yaitu Kino Tuskanac (Zagreb) dan Kino Zlatna Vrata (Split).  

Selain menayangkan film, selama IMW berlangsung diadakan pula kegiatan diskusi dan workshop tentang industri perfilman Indonesia, dengan mengundang narasumbers sineas dan produser dari Kroasia dan Indonesia.

Delegasi dari Indonesia untuk IMW di Kroasia terdiri dari Slamet Rahardjo (aktor), Dhoni Ramadhan (produser), Harry Dagoe Suharyadi (produser dan sutradara), Lola Amaria (aktris, produser dan sutradara), Ineke Indriyani Muchari (produser Balinale), Dian Permata (Produser), Sanggupri (Pusbangfilm Kemdikbud), dan beberapa wartawan. 

“Selain memperkenalkan film Indonesia dengan masyarakat Kroasia, kita berharap IMW membuka peluang joint produksi,” kata Lola Amaria, yang kali membawa dua filmnya “Labuan Hati” dan “Kisah 3 Titik”.   

Pelaksanaan acara IMW mendapat dukungan dari beberapa pihak antaranya dari Turkish Airlines, Hotel Dubrovnik,  Cinema XXI, Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Forum Pewarta Film.

Keikutsertaan Gending Sriwijaya (film berlatarbelakang sejarah) diproduksi oleh Pemprov Sumatera Selatan. Dalam event Indonesian Movie Week di Kroasia, pemda melalui Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumsel dan Bank Sumselbabel ikut mendukung dan mensponsori sebagai wujud dukungan daerah.XPOSEINDNESIA/NS Foto : Dokumentas Forum Pewarta Film

 

Last modified on Tuesday, 30 May 2017 08:45
Login to post comments