Penghargaan pada Pemenang Sayembara Desain Toilet Umum

24 March 2017

Mengambil tempat di Swiss Belhotel Jakarta, Kamis malam (23/3), Menteri Pariwisata, Arief Yahya bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi serta Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bambang Hendroyono didaulat untuk memberikan hadiah kepada para pemenang Sayembara Desain Toilet Umum di Destinasi Pariwisata.

Sayembara Desain Toilet Umum yang diluncurkan pada 5 Desember 2016 dan berlangsung dari 1 Januari hinggga 28 Februari 2017 tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya toilet umum bagi kehidupan dan kesehatan yang lebih baik.

Tidak hanya itu, hasilnya juga dipastikan dapat mendukung terciptanya iklim pariwisata yang kondusif sekaligus menjadi tantangan bagi para desainer untuk membuat desain toilet yang efisien, nyaman, higienis, dan ramah lingkungan. Proses penjurian oleh tim juri pada 14-15 Maret 2017 silam.

Sejak awal sayembara ini meraup antusiasme masyarakat luas lewat masuknya sekitar 231 desain kreatif. Dari jumlah tersebut kemudian diseleksi lagi menjadi 60 desain dan selanjutnya ditetapkan masing-masing satu pemenang untuk 6 kategori yakni:  Toilet Umum Destinasi Wisata Kawasan Pegunungan, Toilet Umum Destinasi Wisata Kawasan Pantai, Toilet Apung pada Homestay/ Penginapan, Toilet Umum di Kawasan Konservasi Alam, Toilet Umum di Pasar Rakyat/ Tradisional, dan Toilet Umum UPT Bandara.

Dalam pernyataannya Menpar sangat mengapresiasi penyelenggaraan sayembara yang diinisiasi oleh Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) yang didukung Kemenpar, KemenLHK, dan Kemenhub dalam upaya meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia yang mentargetkan berada di ranking 30 dunia serta mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 275 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air pada 2019 mendatang.  

“Daya saing pariwisata Indonesia saat ini berada di ranking 50, dari semula ranking 70. Salah satu kelemahan yang harus terus diperbaiki adalah masalah kesehatan dan higienitas. Menurut data World Economic Forum (WEF, 2015) untuk unsur kesehatan dan higienitas kita masih berada di posisi 109, ini menjadi perhatian kita bersama,” jelas Menpar Arief Yahya.

Keenam pemenang tersebut adalah: Sianne Juliana, Kategori Destinasi Kawasan Pegunungan, Eka Pradhistya Prasidhanta, Kategori Destinasi Kawasan Pantai, Felix Ciosconara, Kategori Toilet Apung, Eduard Cahya Nugroho, Kategori Kawasan Konservasi Alam, Deraya Sandika Ratri, Kategori Pasar Tradisional, dan Hastito Rahmadhika, Kategori Bandara UPBU. 

Tim juri sayembara ini terdiri atas Oneng Setya Harini (Kemenpar), Noer Adi Wardojo (KemenLHK), Yudhi Sari Sitompul (Kemenhub), Nani Sumaryati (ATI), Prasetyoadi  (Green Building Council Indonesia), dan Agus Sujatno (YLKI). Para pemenang mendapat hadiah uang sebesar Rp. 50 juta untuk masing-masing ketegori. XPOSE INDONESIA/ AM Foto: AM

More Pictures

Last modified on Friday, 24 March 2017 10:07
Login to post comments