Wonderful Indonesia Makin Perkasa dan Berjaya di ITB Berlin

15 March 2016

Wonderful Indonesia  menyabet penghargaan lagi di tingkat dunia. Kali ini di ITB Berlin, bursa pariwisata terbesar di jagat yang diselenggarakan 9-13 Maret 2016,  Wonderful Indonesia menyabet jawara sebagai The Best Exhibitor dalam kategori Booth Asia Australia Oceania.

Kategori yang dinilai sangat kompleks. Maklum ITB Berlin ini adalah travel mart yang terbesar, teramai, paling terpercaya, dan paling banyak diikuti oleh negara-negara di semua benua. Tagline-nya saja, “50 Years of Excellence, The Leading Travel Trade Show”.

Booth yang di desain dengan konsep Phinisi dengan moncong kapal tradisional khas Bugis, Makassar itu dinilai menjadi yang terbaik lantaran memenuhi banyak kriteria.  

Menpar Arief Yahya   menyebut, "Ada banyak kriteria yang dinilai dengan standar yang serius dan detail di sini, karena itu kami cukup bangga atas award di exhibition terbesar ini. Karena sejatinya, kemenangan itu direncanakan," kata Menpar Arief Yahya didampingi Nia Niscaya, Asdep Pemasaran Wilayah Eropa Amerika, Timur Tengah dan Afrika. 

Pertama, booth dan spacenya harus memberi kesan welcome kepada costumers. Paviliun Indonesia yang berisi 101 industri itu sangat longgar dengan wajah muka yang melebar, karena diubah wajah depannya yang dulu biasanya di samping bersebelahan dengan Malaysia.

Kedua, bahan-bahan yang dipakai booth ramah lingkungan. Semua bisa di-recycle, sehingga tidak menambah beban lingkungan. "Materi promo, cetakan poster, flyer, semuanya tidak dibuang ke tong sampah, tetapi masih akan dimanfaatkan untuk KBRI dan VITO --Visit Indonesia Tourism Officer-- di Jerman. Karena masih akan dipakai lagi bahan-bahan promosi itu," kata Menpar. 

Ketiga, Wonderful Indonesia kaya akan kreativitas untuk memghidupkan paviliun yang berada di hall 26 A, nomor 122-123, dan 26C no 203 di kawasan Asia-Australia-Oceania itu. Ada siluat wajah, ada cara mengajari kerajinan dari janur kuning kepada pengunjung yang sabar menikmati anyaman khas kampung di Indonesia. Ada spa di sudut yang disiapkan dua terapis dan juga ada dua kursi malas.

Di coffee corner, Indonesia punya dua macam barista. Satu yang khusus mengolah biji kopi yang diambil asli dari Gayo, Mandailing, Sidikalang, Jawa Temanggung, dan Toraja. Satu lagi peracik coctail yang dibawa khusus, mencampur jahe, kopi, dan aneka macam minuman tradisional dengan minuman bermerek Eropa, sehingga menjadi kombinasi rasa yang sangat khas. 

Keempat, official yang berkomunikasi dan berkoordinasi dengan ITB Berlin memahami bahasa lokal, Germany. Sehingga hampir tidak pernah ada missunderstanding selama pre, on dan post event. "Semua itu dipersiapkan dengan tidak tanggung-tanggung," kata Menpar Arief Yahya.

Kemenangan ini berarti melengkapi semua travel mart di bulan Februari Maret 2016 di berbagai tempat. Di LA, Wonderful Indonesia juara. Di Hongkong Victoria juga juara.

"Puncaknya ITB Berlin ini. Impact nya terhadap marketing adalah, brand Wonderful Indonesia semakin menanjak tajam," ungkap Marketeer of The Year 2013 ini.Lantas bagaimana dengan Malaysia? "Hmmm... Kalau tidak salah nomor 10?" kata dia. 

Apa rahasianya? Wonderful Indonesia selalu juara? "Mau jawaban jujur? Branding Wonderful Indonesia kita geber habis, di venue, di shuttle bus, trem, kereta, mobil, banner, di media, tv, entrance, sampai tas pun dibranding total," ungkap Arief yang selama memimpin Telkom selalu mencari angle yang tidak dipikirkan banyak orang. XPOSEINDONESIA/NS Foto : dok.

More Pictures

 

Last modified on Tuesday, 15 March 2016 03:49
Login to post comments