XPOSEINDONESIA.COM - XPOSEINDONESIA.COM - Exclusive News http://xposeindonesia.com Mon, 23 Jul 2018 03:43:57 +0000 Joomla! - Open Source Content Management en-gb ISTA 2018: Ajang Penghargaan & Mengukur Implementasi Pariwisata Berkelanjutan http://xposeindonesia.com/etc/event/2390/ista-2018-ajang-penghargaan-mengukur-implementasi-pariwisata-berkelanjutan.html http://xposeindonesia.com/etc/event/2390/ista-2018-ajang-penghargaan-mengukur-implementasi-pariwisata-berkelanjutan.html ISTA 2018: Ajang Penghargaan & Mengukur Implementasi Pariwisata Berkelanjutan
Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) World Economic Forum (WEF), menyebutkan pada tahun 2017 Indonesia berada di peringkat 42. Kini,…

 

“Kita mengajak sektor publik, swasta, dan masyarakat untuk meningkatkan environmental sustainability melalui ajang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) yang memasuki tahun kedua,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam jumpa pers ajang ISTA 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Kamis (19/7/2018).

Menpar Arief didampingi Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Dadang Rizki Ratman dan Tenaga Ahli Menteri Bidang Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan, Valerina Daniel menjelaskan ISTA 2018 menjadi ajang untuk memberikan penghargaan sekaligus mengukur implementasi pariwisata berkelanjutan dalam pengelolaan destinasi wisata di Indonesia, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pariwisata (Permen) Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan.

“Permen ini mengandopsi standar internasional Global Sustainable Tourism Council (GSTC) yang mempertimbangkan tiga aspek utama yaitu aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi untuk saat ini dan masa depan,” kata Menpar Arief.

Sustainable tourism sudah menjadi isu global dan Indonesia sangat concern terhadap pengembangan pariwisata yang ramah lingkungan. “Pariwisata merupakan sektor yang paling kecil menimbulkan kerusakan karena prinsip pembangunan pariwisata adalah sustainable atau berkelanjutan. Lingkungan yang terjaga merupakan aset bagi pariwisata untuk mendatangkan wisatawan,” kata Dadang Rizki Ratman.

Sementara itu Valerina Daniel mengatakan, Permen Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan menjadi acuan bagi pemerintah, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya dalam pembangunan destinasi pariwisata berkelanjutan. Pedoman ini diselaraskan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Global (SDGs). “Prinsipnya adalah 3P, yakni People, Planet, Prosperity, atau pemberdayaan masyarakat, kelestarian alam, dan peningkatan kesejahteraan. Prinsip inilah yang menjadi tema ISTA 2018 ‘Local Wisdom for Sustainable Development  atau Kearifan Lokal untuk Pariwisata Berkelanjutan’,” kata Valerina Daniel.

Untuk mewujudkan Indonesia menjadi destinasi wisata berkelanjutan kelas dunia, kata  Valerina Daniel, harus melibatkan semua pihak termasuk wisatawan yang berkunjung ke destinasi. Wisatawan diharapkan tidak sekedar berkunjung ke destinasi, tapi juga terlibat menjaga lingkungan dan budayanya. Generasi muda harus menjadi penggerak semangat “semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan,” demi mewujudkan Indonesia menjadi destinasi wisata berkelanjutan dunia!” kata Valerina.

Pembukaan Pendaftaran ISTA 2018

Pembukaan pendaftaran ISTA 2018 telah dimulai sejak 1 Mei dan akan berakhir 20 Agustus 2018. (Formulir keikutsertaan dan persyaratan ISTA 2018 dapat diunduh di www.kemenpar.go.id > Berita > ISTA). Setelah masa pendataran ditutup, tim juri akan melakukan seleksi persyaratan administrasi para peserta pada 1 – 24 Agustus 2018 mendatang.

Dari tahap seleksi persyaratan administrasi tersebut   akan dilanjutkan dengan tahap desk evaluation pada 24-31 Agustus 2018. Tahap selanjutnya adalah  pengumuman nominator pada 5 – 6 September 2018 dan   dilanjutkan dengan visitasi lapangan atau pengamatan lapangan disertai tanya jawab  pada 10 September hingga  14 Oktober 2018. Akhir dari ajang ISTA 2018 adalah pemberian penghargaan yang akan berlangsung di Bali pada 8 November 2018 mendatang.  XPOSEINDONESIA - Teks Biro Komunikasi Publik . Foto : Dudut Suhendra Putra

More Pictures

[widgetkit id=1567]

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) Event Fri, 20 Jul 2018 02:51:12 +0000
Hodgepodge Superfest 2018 : Outdoor & Banyak Colour untuk Milenial http://xposeindonesia.com/etc/event/2388/hodgepodge-superfest-2018-outdoor-banyak-colour-untuk-milenial.html http://xposeindonesia.com/etc/event/2388/hodgepodge-superfest-2018-outdoor-banyak-colour-untuk-milenial.html Hodgepodge Superfest 2018 : Outdoor & Banyak Colour untuk Milenial
PT Java Festival Production bekerja sama dengan Supermusic didukung Kopi Kapal Api melaunching Festival musik baru bertajuk Hodgepodge Superfest 2018.…

 

Presiden Direktur PT. Java Festival Production Dewi Gontha menuturkan Hodgepodge Superfest 2018 adalah acara festival yang memperkenalkan acara musik dengan konsep outdoor.

“Selain dapat menikmati musik, para penonton dapat menikmati suasana sembari nongkrong. Konsep acara mengenalkan suasana outdoor, banyak colour,” ujar Dewi Gontha saat jumpa pers Hodgepodge Superfest 2018 di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada Rabu (18/7/2018).

“Kita ingin  penonton datang bukan hanya nonton musik, tapi makan minum, juga nongkrong-nongkrong. Ini festival musik multi genre,” sambungnya.

Dewi Gontha menargetkan para kaum millenial berusia dari 20 hingga 35 tahun yang bakal hadir. “Kita bikin teaser dan merespons, umur yang itu,” tukasnya.

Hodgepodge Superfest 2018 akan menghadirkan musisi luar  dan dalam negeri Mulai dari The Libetines, All Time Low, Lil Yachty Gallant,  August Alsina, Russ, Lemaitre, Day Wave, Cloud Nothings, Tayla Parx, Sundara Karma, Vancouver Sleep Clinic, Swim Deep, Park Hotel, Kid Francescoli, Didirri dan lain-lain. Sedangkan dari dalam negeri ada nama The S.I.G.I.T, The Brandals dan lain-lain.

Nikita Dompas selaku perwakilan dari Tim Program PT. Java Festival Production mengatakan “Sekarang saat yang tepat untuk penikmat musik Indonesia untuk melihat Hodgepodge Superfest sebagai discovery platform. Musik baru bisa dicari di sini!”

Tiket early bird Hodgepodge Superfest sudah bisa didapat via website www.hodgepodgefest.com sejak 30 Juni 2018 dan juga di kantor Java Festival Production di Simprug Gallery Bloka A1, dengan harga mulai dari Rp 499,000 untuk Daily Pass dan Rp 845,000 untuk 2 Day pass. XPOSEINDONESIA/NS Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

[widgetkit id=1565]






]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) Event Thu, 19 Jul 2018 09:39:28 +0000
Api Obor Asian Games Lewati 53 Kota dan 18 Provinsi http://xposeindonesia.com/etc/event/2387/api-obor-asian-games-lewati-53-kota-dan-18-provinsi.html http://xposeindonesia.com/etc/event/2387/api-obor-asian-games-lewati-53-kota-dan-18-provinsi.html Api Obor Asian Games Lewati 53 Kota dan 18 Provinsi
Yogyakarta menjadi persinggahan pertama api obor Asian Games yang baru saja tiba di tanah air, Selasa (17/07). Api obor Asian…

 

Api Asian Games 2018 berasal dari api abadi yang diambil dari New Delhi, India, sebagai tempat kelahiran Asian Games. Api diterbangkan menggunakan pesawat Boeing 737 milik TNI Angkatan Udara. Rombongan pembawa api Asian Games mendarat di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Selasa pagi, sekitar pukul 08.00 WIB. 

Susi Susanti sebagai Duta Asian Games 2018, sekaligus legenda bulu tangkis Indonesia, menyatakan kegembiraannya karena perjalanan ini berlangsung dengan lancar.

“Saya senang bisa membawa api Asian Games 2018 ini. Hal ini menjadi pengalaman luar biasa. Sejauh ini berjalan cukup lancar, meski sempat terkendala regulasi di bandara India. Namun, semua selesai dengan baik. Saya tentu berharap, api Asian Games ini menjadi simbol persahabatan Indonesia dan India,” kata Susi Susanti.

Kedatangan obor Asian Games mendapat upacara sambutan yang meriah dengan tari tradisional, aksi pasukan Keraton Yogyakarta, pertunjukan barongsai dari TNI Angkatan Udara, hingga aksi paramotor dari Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI).

Susi bersama dengan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Ketua Inasgoc Erick Thohir lalu menyerahkan api obor Asian Games kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna. Usai serah terima, api obor Asian Games 2018 dibawa menuju Museum Dirgantara Yogyakarta dengan iring-iringan yang disambut meriah masyarakat.

Setelah diinapkan semalam, api Asian Games dari India ini akan dipadukan dengan api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. “Penggabungan api dari India ini dengan api abadi Mrapen tentu menarik. Hal semakin menegaskan harmonisasi Indonesia dan India di berbagai lini,” tutur Susi lagi.

Apresiasi pun diberikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar menerangkan, kedatangan api obor Asian Games menaikan branding dari destinasi yang dikunjungi.

“Gema Asian Games ini luar biasa. Pergerakan api obor Asian Games ini menarik perhatian masyarakat baik lokal maupun mancanegara karena semua media memberi porsi lebih dalam pemberitaan,” kata Menpar Arief.

Menpar Arief yakin momentum ini sangat bagus bagi branding destinasi, khususnya yang dilewati oleh api obor Asian Games ini sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisman di Indonesia. XPOSEINDONESIA Foto : Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata

More Pictures


[widgetkit id=1565]


]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) Event Wed, 18 Jul 2018 01:32:32 +0000
30 Finalis Miss Grand Indonesia 2018 Unjuk Kebolehan di Sari Pasific http://xposeindonesia.com/etc/event/2386/30-finalis-miss-grand-indonesia-2018-unjuk-kebolehan-di-sari-pasific.html http://xposeindonesia.com/etc/event/2386/30-finalis-miss-grand-indonesia-2018-unjuk-kebolehan-di-sari-pasific.html 30 Finalis Miss Grand Indonesia 2018 Unjuk Kebolehan di Sari Pasific
30 finalis Miss Grand Indonesia 2018 memasuki babak preliminary, Senin (16/7/2018) di Sari Pacific, Jakarta.

 

Babak ini menjadi salah satu babak penentu karena untuk pertama kalinya finalis diperkenalkan kepada public dalam gelaran Welcome Dinner & Grand Press Conference Miss Grand Indonesia 2018, sebelum mereka muncul di Grand Final yang akan diselenggarakan pada 21 Juli  mendatang.

Dikna Faradiba selaku National Director Miss Grand Indonesia  yang mengangkat tema ‘Beauty in Diversity’ menuturkan,  babak preliminary menjadi penting dan menentukan langkah para finalis untuk menjadi juara.

“Para finalis harusnya bisa menampilkan kemampuan terbaiknya. Karena inilah kesempatan pertama mereka tampil dalam kostum traditional dan gaun malam di hadapan para Dewan Juri Miss Grand Indonesia 2018,” ungkap Dikna.

Berikut daftar lengkap finalis Miss Grand Indonesia 2018:


1. Eggy Fegry L. P. (Aceh)

2. Putu Ayu S. D. P. (Bali)

3. Kenya Nidia (Bangka Belitung)

4. Brenda Theresa (Banten)

5. Nadia Purwoko (Bengkulu)

6. Callista Zahra (D.I. Yogyakarta)

7. Stephanie C. M. (DKI Jakarta)

8. Rismawati (Jambi)

9. Mentari Novel (Jawa Barat)

10. Bunga Ghassani (Jawa Tengah)

11. Rizky Maylina (Jawa Timur)

12. Vegiananda E. (Kalimantan Barat)

13. Raefiana R. (Kalimantan Selatan)

14. Susan Yuliana (Kalimantan Tengah)

15. Amel Barack (Kalimantan Timur)

16. Gabrielle A. (Kalimantan Utara)

17. Arneta D. T. (Kepulauan Riau)

18. Sevin Dwi P. (Lampung)

19. Angelika S. (Maluku)

20. Ni Komang S. M. D. L. (Nusa Tenggara Barat)

21. Debora (Papua)

22. Hermin M. (Papua Barat)

23. Diana Hariaty S. (Riau)

24. Andini Aprilia (Sulawesi Barat)

25. Rahmayani (Sulawesi Selatan)

26. Lupita Randawi (Sulawesi Tenggara)

27. Sabrina Malik (Sulawesi Utara)

28. Nada Ferlysia (Sumatera Barat)

29. Putri Azizah (Sumatera Selatan)

30. Vivi Wijaya (Sumatera Utara) XPOSEINDONESIA - Foto Dudut Suhendra Putra


More Pictures

[widgetkit id=1564]

 

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) Event Wed, 18 Jul 2018 01:03:37 +0000
Berbagi Kebahagiaan di Syukuran HUT FORWAN ke 4 http://xposeindonesia.com/etc/event/2385/berbagi-kebahagiaan-di-syukuran-hut-forwan-ke-4.html http://xposeindonesia.com/etc/event/2385/berbagi-kebahagiaan-di-syukuran-hut-forwan-ke-4.html Berbagi Kebahagiaan di Syukuran HUT FORWAN ke 4
Dalam rangkaian ulang tahun ke 4 Forum Wartawan Hiburan (Forwan) Indonesia digelar aksi sosial dengan memberikan santunan kepada 400 Anak…

 

Acara yang digagas komunitas wartawan hiburan itu merupakan wujud kepedulian insan pers terhadap persoalan sosial. Di tengah kesibukan berburu berita, para awak media ini menyisihkan waktu dan perhatian untuk berbagi kebahagiaan.
 
Acara diawali dengan kegiatan dolanan interaktif yang melibatkan  sekitar 250 anak yatim dari beberapa panti asuhan di Jabodetabek. Beragam permainan tradisional seperti enggrang, loncat karet, gangsing, lomba bakiak dan lainnya dilombakan. Kegiatan itu dipandu Endi Aras dari Kampung Dolanan Nusantara.
 
Anak-anak panti usia sekolah dasar hingga SMA itu berbaur memainkan permainan tradisional dengan gembira. Beberapa pemenang lomba mendapat hadiah hiburan dari panitia. Tampak wajah-wajah bahagia tergambar dari wajah anak-anak tersebut.
 
Ketua Umum FORWAN Sutrisno Buyil dalam kata sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada para pendukung acara yang telah memberikan sokongan fasilitas, dana dan waktu demi lancarnya acara ini.
 
 "Benar benar surprise, nggak nyangka Forwan bisa memberi santunan kepada 400 anak yatim dan 4 janda almarhum Anggota Forwan. Tantangan ketika rencana menggelar santunan lumayan berat, tapi berkat campur tangan Allah SWT, impian Forwan bisa terwujud," kata Buyil.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi DKI Jakarta. Sekretaris I PWI DKI Jakarta Kesit B Handoyo,  mengatakan sudah seharusnya yang dilakukan FORWAN ini jadi cambuk bagi komunitas wartawan di Jakarta agar melakukan kegiatan positif seperti ini.

"Saya baca spanduknya, sangat menyentuh, “Jangan biarkan anak yatim terus bersedih, buat mereka tersenyum. Ya karena kalau adik-adik nggak tersenyum, dunia juga ikut murung. Jadi tetaplah tersenyum. Tetap semangat menjalani hidup,” ujar Kesit memotivasi anak-anak yatim yang hadir.

Dwi Suryanti, istri mendiang Agustian, salah satu perintis FORWAN yang mendapat santunan mengucapkan  terima kasih tak terhingga. “Sejak suami saya dirawat karena sakit yang menahun, hingga wafat dan hingga hari ini, FORWAN tetap peduli. Semoga
FORWAN semakin maju dan sejahtera,” ujarnya.

Hadir pula Siti Maryam, (istri almarhum Anggara Rengganis) dan Anna Nuryana Liza, (istri almarhum Arief Bayu Aji bersama dua putranya yang masih anak-anak).

Panitia acara menghadirkan Habib Yahya Assegaf, ulama yang juga mantan wartawan sesepuh Habaib yang dituakan di Jabodetabek  untuk memberikan tausiyah dan pembacaan doa.

Sederet artis ibukota turut menghibur. Mereka antara lain, Ratna Listy yang didapuk sebagai pembawa acaranya dan menyanyi sambil memetik gitar. Acara makin cair dengan candaaan Derry “4 Sekawan” yang mendampingi Ratna Listy. Ikke Nurjanah, Uci Sucita, Caca Handika dan Lala. Sedangkan Adri Manan menampilkan atraksi sulapnya yang lucu dan unik.

Acara ini terselengara atas kerjasama dengan Lemmon Id, PT Kino Indonesia tbk, Telkomsel Peduli, Djarum Foundation, Nagaswara, MD Picture, Walicare, Max Picture, Paytren dan Pro Aktif. XPOSEINDONESIA.  Foto : Dokumentasi Forwan)

More Pictures

[widgetkit id=1563]

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) Event Fri, 13 Jul 2018 00:22:00 +0000
Warga Baduy Luar Mengikuti Pilkada Serentak http://xposeindonesia.com/etc/event/2371/warga-baduy-luar-mengikuti-pilkada-serentak.html http://xposeindonesia.com/etc/event/2371/warga-baduy-luar-mengikuti-pilkada-serentak.html Warga Baduy Luar Mengikuti Pilkada Serentak
Ada yang unik ketika menyaksikan warga Baduy Luar, Banten ketika turut serta dalam Pemilihan Bupati Lebak 2018 ini. Warga Baduy…

 

Dari catatan yang ada tercatat jumlah total daftar pemilih tetap (DPT) dari daerah ini  sebanyak 6.810 jiwa dan yang berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini mencapai 38% pemilih.

Keunikan yang terekam ketika menyaksikan warga Baduy tersebut menggunakan hak pilihnya adalah suasana hening yang terjadi. Tanpa banyak berbicara satu sama lain, mereka terlihat sungguh-sungguh menggunakan hak pilihnya. 

Seperti yang terlihat di TPS 2 Kampung Cicempaka, Lebak, sedari pagi hari tampak warga turun meyusuri hutan adat dari kampung-kampung mereka. Sebagian besar turun dengan membawa hasil bumi, singgah sebentar ke TPS dan melaksanakan pencoblosan kemudian beranjak pergi lagi.

Terbatasnya informasi dan alat peraga bagaimana cara pencoblosan, mengharuskan panitia di tiap TPS memberikan informasi dan peragaan langsung pada tiap kali terlihat antrian baru. Dan hal tersebut dilakukan berulangkali. Tapi diluar keterbatasan yang terjadi, pencoblosan yang dilakukan warga Baduy Luar tersebut berlangsung lancar, aman dan kondusif.

Pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Lebak hanya diikuti pasangan tunggal dari petahana Iti Octavia-Ade Sumardi melawan kolom kosong. Dari hasil yang didapatkan, pasangan Iti Octavia Jayabaya - Ade Sumardi unggul dengan perolehan 2.147 suara, melawan kotak kosong yang dipilih sebanyak 444 pemilih.

Sedikitnya pemilih yang menggunakan hak suaranya menurut Panitia Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari Suku Baduy, Mulyono disebabkan suku Baduy Luar banyak yang memilih berladang. "Saat ini tengah musim berladang, banyak yang memilih pergi ke ladang" ujar Mulyono pada Rabu (27/06/2018). – XPOSEINDONESIA Teks dan Foto AM

More Pictures

[widgetkit id=1550]

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) Event Sun, 01 Jul 2018 10:01:00 +0000
Al-Izhar Perkenalkan Indonesia Lewat 4 Tarian ke Inggris http://xposeindonesia.com/etc/event/2367/al-izhar-perkenalkan-indonesia-lewat-4-tarian-ke-inggris.html http://xposeindonesia.com/etc/event/2367/al-izhar-perkenalkan-indonesia-lewat-4-tarian-ke-inggris.html Al-Izhar Perkenalkan Indonesia Lewat 4 Tarian  ke Inggris
Tim misi budaya Al-Izhar Pondok Labu Jakarta, yang didukung oleh Kementerian Pariwisata, akan menampilkan empat tarian di ajang festival budaya…

 

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata, Guntur Sakti mengatakan dipilihnya empat tarian ini untuk dilombakan bukan tanpa alasan. Apalagi, ajang festival budaya ini akan diikuti lebih dari 5000 penyanyi, penari, dan pemusik dari sekitar 50 negara.

“Untuk berkompetisi di tingkat global, tim Al-Izhar sudah mempersiapkan semuanya sesuai standar global. Tim ini sudah terkurasi dengan baik, dari kostumnya, koreografinya, musiknya, dan kerja sama dalam penampilan di event nanti,” kata Guntur Sakti dalam sambutannya pada Gelar Pamit "SMA Al- Izhar Goes to International Folklore Competition di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Sabtu (23/6).

Untuk kategori tari tradisional pihak Llagollen International Musical Eisteddfod memberikan sejumlah ketentuan antara lain orisinalitas, koreografi tidak boleh jauh dari budaya asli, serta ada lagu yang dinyanyikan oleh penari.

Tari Kipah dari Aceh yang menggambarkan kerja sama dalam masyarakat ini, memiliki gerakan dinamis serta menggunakan kipas sebagai properti untuk menghasilkan suara-suara unik dalam penampilannya. Tari Belibis dari Bali mengisahkan Prabu Angling Drama yang dikutuk menjadi burung Belibis. Tarian Belibis menampilkan gerakan yang dinamis dan harmonis dengan gamelan sebagai pengiring.

Tarian Muda-Mudi Papua yang menjadi salah satu unggulan dalam festival nanti merupakan tarian kelompok yang menggambarkan persahabatan, khususnya di kalangan remaja laki-laki dan perempuan. Tarian Nagekeo Bangkit dari Flores NTT menampilkan gerakan feminin dan dinamis, serta menceritakan tentang solidaritas dan persatuan.

Penata tari dari Sanggar Gema Citra Nusantara, Mira Arismunandar mengatakan pemilihan lima tarian ini berdasarkan riset dan konsultasi sebelumnya dengan para pakar. “Tarian ini dibuat tidak dikarang atau dibuat asal-asalan. Sebelum diajarkan kepada para siswa Al-Izhar, kami melakukan riset terlebih dahulu dan mengkonsultasikan gerakan bersama pakarnya,” ujar Mira Arismunandar.

Direktur Utama Al Izhar, Aniyani Arifin menjelaskan keberangkatan tim yang terdiri dari siswa ini ke festival budaya antarbangsa Llagollen International Musical Eisteddfod bukan hanya untuk berlomba tetapi juga merupakan penanaman kecintaan terhadap budaya nusantara.  “Lewat pegelaran tari tersebut, siswa-siswi akan membawa harum nama Indonesia ke luar,” kata Arniyani.

Diharapkan keterlibatan Indonesia dalam festival dunia ini akan memberi dampak yang baik untuk semua sektor, termasuk pariwisata. Dimana budaya Indonesia dapat semakin mendunia dan dikenal sehingga menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. XPOSEINDONESIA  Teks dan Foto : Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata

More Pictures

[widgetkit id=1546]

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) Event Mon, 25 Jun 2018 04:54:59 +0000
Jakarta - Bandung via Udara dengan Helicity http://xposeindonesia.com/etc/2363/jakarta-bandung-via-udara-dengan-helicity.html http://xposeindonesia.com/etc/2363/jakarta-bandung-via-udara-dengan-helicity.html Jakarta - Bandung via Udara dengan Helicity
Rute Jakarta - Bandung, di saat musim mudik atau tidak telah menjadi rute padat, macet dan sangat tidak efektif. Perjalanan…

 

Melihat kepadatan rute  jalan Jakarta- Bandung  yang semakin padat,  Helicity lahir dan berupaya terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terlebih lagi dalam musim Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Ari Nurwanda, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis Whitesky Aviation menuturkan, dalam menghadapi Ramadhan dan Lebaran 2018, lewat Helicity, Whitesky menggelar program “Ramadhan Special Rate”  khusus untuk rute Jakarta-Bandung.

Program dengan tarif khusus ini berlaku dari 1 Juni hingga 30 Juni 2018. Program ini menjadi bagian dari program Helicity untuk mendukung mudik dan liburan Lebaran yang aman dan nyaman.

“Harga spesial untuk mudik Lebaran tahun ini, hanya sekitar Rp 12 juta untuk 4 orang. Mudik dengan Helicity memberikan pengalaman tersendiri, terlebih mudik dengan helikopter belum umum dilakukan masyarakat kita,”kata Ari

Lalu, apa keistimewaan menggunakan helikopter untuk mudik nanti? Menurut Ari, musim mudik umumnya arus lalu lintas di darat sangat sibuk. Untuk menempuh perjalanan ke kota kembang bisa dipastikan lebih dari 4 jam.

“Sedangkan, mudik dengan helikopter waktu tempuh Jakarta-Bandung hanya 40 menit dan tanpa kena macet. Kalau di saat peak season  seperti sekarang perjalanan malah bisa sampai 12 hingga 13 jam. Dengan helicopter jarak tempuh hanya 40 menit, itu saja kelebihannya," kata Ari dalam keterangan resminya.

Kehadiran taksi udara ini tentu menjadi salah satu alternatif transportasi. Berkaca dari musim mudik tahun sebelumnya, banyak penumpang yang tidak kebagian tiket jalur darat karena ludes terjual. Helicity ini bisa menjadi salah satu transportasi alternatif itu, terutama untuk mudik Lebaran nanti, kata Ari.

Helicity juga melayani rute penerbangan di wilayah Jakarta sekitarnya. Masyarakat bisa diajak mengunjungi tempat-tempat wisata seperti di Kepilauan Seribu dengan menggunakan helikopter. Harganya pun cukup terjangkau, hanya Rp 5,6 juta untuk 4 orang.

Sejak diluncurkan Desember tahun lalu, beragam tujuan telah dilalui Helicity mulai dari Bandung, Bogor, Sukabumi dan Cirebon. Tentu saja juga melayani keliling Jakarta. Para penggunanya pun beragam, mulai dari keluarga, artis hingga pengusaha. Jumlah penerbangan Helicity mencapai 40 penerbangan per bulan.

Untuk layanan Helicity, selama ini Whitesky menyediakan 2 jenis helikopter yakni Bell 429 untuk 6 penumpang dan Bell 505 untuk 4 penumpang. Pemesanan Helicity bisa secara langsung menghubungi pusat informasinya atau tinggal memesan lewat aplikasi digital di telepon pintar Anda. XPOSEINDONESIA Foto : Dokumentasi Pribadi Helicity

More Pictures

[widgetkit id=1542]

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) exclusive Mon, 11 Jun 2018 04:42:14 +0000
Anna Mariana Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim dan Duafa http://xposeindonesia.com/etc/what-s-on/2361/anna-mariana-gelar-buka-puasa-bersama-anak-yatim-dan-duafa.html http://xposeindonesia.com/etc/what-s-on/2361/anna-mariana-gelar-buka-puasa-bersama-anak-yatim-dan-duafa.html Anna Mariana Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim dan Duafa
Lima hari menjelang hari raya Fitri, designer Anna Mariana menyelenggarakan buka puasa bersama di kediamannya di Puri Ampera, Kemang Jakarta…

 

Anna menyebut, kegiatan semacam ini sudah menjadi tradisi dalam keluarganya. “Hampir sepanjang tahun, bukan hanya di Ramadan namun juga bulan Muharam bertepatan dengan hari Anak Yatim, juga pada peringatan hari ulang tahun saya dan seluruh keluarga, kami selalu mengadakan pengajian bersama anak- anak Yatim dan dhuafa serta rutin mengadakan pengajian Khataman Qur’an,”

Khusus  di bulan Ramadhan 1439 H ini, Anna sudah mengelar tiga kali  kegiatan bersama duafa dan anak yatim.   “Pertama, saya ikut mendampingi Ibu Sujiatmi Notomiharjo,  Ibunda Joko Widodo saat memberikan santunan dan pemberian bingkisan kepada  anak yatim  dan Dhuafa, di Solo. Tepatnya di rumah Ibu Musadalifah (Rumah Kerja Nusantara dan Jangkar Bejo). Kedua, pemberian santunan dan bingkisan untuk kaum difabel atau disabilitas yang bertempat di Kalibata, dan ketiga kita bikin hari ini di rumah,” ujar Anna Mariana sesaat sebelum berbuka puasa.

Acara yang hari itu dihadiri pula oleh Kyai Haji Muhamad Gozali,  Al Ustad Haji Hamdani, Al Ustad Ubaidillah dan kawan kawan dari Pesantren Buya Dimiyati khusus Hafis Qur’an dan Al Ustad Firdaus, Ustad Tarmizi khotib masjid Istiqlal dan para santri ini  memperdengarkan ceramah tentang pentingnya tetap terus menjaga kemurnian puasa, terlebih menjelang  Ramadan hampir selesai.

Bagi Anna, selain merupakan ajang silaturahmi, kegiatan ini digunakannya juga sebagai ajang berbagi kebaikan. “Supaya hidup kita selalu dalam berkah dan mendapat ridho Allah SWT, karena sesungguhnya seperti kata Nabi Besar SAW di dalam rejeki kita sesungguhnya ada rejeki  orang lain,” kata Anna yang baru dikukuhkan oleh  Arief Natadiningrat Ketua Umum Sultan Kesepuhan Cirebon sebagai Dewan Pakar dalam kepengurusan Forum Silaturahmi Keranton Nusantara (FSKN).

Khusus untuk jabatan barunya di FSKN ini, Anna menyebut,  dirinya mendapat tugas untuk ikut ambil bagian dalam memberikan kontribusi serta pengembangan dalam hal meningkatkan budaya Keraton. “Terutama  juga dalam soal  melestarikan dan mengembangkan wastra nusantara sekaligus mengembangkan Keraton sebagai bagian dari daya tarik Pariwisata!’ ujar Anna.

Seusai lebaran, menurut Anna akan diselenggarakan halal bi halal seluruh kerajaan Nusantara bertempat di Cirebon. “Acara tersebut akan dihadiri sekitar 100 kerajaan Nusantara.  Akan ada rapat yang membahas mengenai pembenahan keraton sekaligus pengukuhan saya sebagai dewan pakar, sementara suami saya Haji Tjokorda Ngurah Agung Kusumayidha akan duduk pula sebagai Dewan Pembina bersama Ibu Hj. Musdalifah, “ kata Anna lagi.

Dalam urusan  pengembangan wastra nusantara, Anna  menyebut baru saja menjajaki kerjasama dengan Duta Besar Arab Saudi di Indonesia. Menurut Anna, perwakilan Duta Besar Arab dan perwakilan Kementrian Budaya Arab Saudi sudah dua kali berkunjung, ke kediamannya di Kemang dan ke butik miliknya,  ke House Of Marsya di bilangan Pondok Indah. Dalam kunjungan tersebut, telah dibicarakan tentang sejarah dan peradaban budaya wastra di kedua negara, dilihat dari sejarah Islam. 

“Kain tenun tradisional hand made juga merupakan bagian dari kebudayaan Arab. Bahkan menjadi saksi sejarah sejak jaman Nabi Muhamad SAW, di mana  Kiswah atau kain penutup Kabah yang berwarna hitam dihiasi kaligrafi, bersulam benang emas merupakan hasil tenun hand made yang dibuat dengan cara sangat tradisional, dengan metode menggunakan ketrampilan tangan dalam merajut kain.”

Anna mengaku  dalam pertemuan dengan perwakilan Arab Saudi itu tercetus undangan untuk mengadakan pagelaran busana karyanya di kawasan Timur Tengah. ”Pagelaran ini bertujuan mengigatkan kembali pada masyarakat khususnya di negara Arab dan Timur Tengah bahwa budaya mereka yang berkembang sejak jaman peradaban Islam, masih berkembang di Indonesia!” ujar Anna menguci percakapan.XPOSEINDONESIA/NS Foto Dudut Suhendra Putra

More Pictures

[widgetkit id=1540]

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) What's On Sun, 10 Jun 2018 07:56:27 +0000
GWJ : Role Model Insan Ramah, Toleran dan Penebar Kebaikan http://xposeindonesia.com/etc/event/2357/gwj-role-model-insan-ramah-penebar-kebaikan.html http://xposeindonesia.com/etc/event/2357/gwj-role-model-insan-ramah-penebar-kebaikan.html GWJ : Role Model Insan Ramah, Toleran dan Penebar Kebaikan
Gerakan Wadyabala Jokowi (GWJ), Jakarta Selatan, menggelar buka puasa bersama 200 anak yatim se Jabodetabek, Selasa (5/6/2018).

 

GWJ sendiri  didirikan Sys NS (alm) pada tahun 2017 lalu. Ini merupakan komunitas relawan yang berjuang untuk memenangkan Presiden Joko Widodo agar terpilih kembali untuk kedua kalinya dalam Pemilu tahun 2019 mendatang.Sepeninggal Sys, GWJ dipimpin  Shanty Widhyanti, isteri Sys NS.

Mengambil tempat di Lippo Mal Kemang Village, Jakarta Selatan, suasana buka puasa GWJ Jakarta Selatan itu berlangsung semarak dan meriah karena anak-anak yatim dihibur oleh kelompok vocal  Harmoni 8, Morgan Oey, Uci  Nurul,  Lita  Zain dan Nindy Ellesse yang diiringi  oleh Dian HP, serta mendengar ceramah dari ustadz Iman Raliki Maliki  soal adab saling menghormati sesama umat  muslim dan dengan non muslim.

Ketua Umum DPP GWJ, Shanty Sys NS didampingi Komite Kebijakan DPP GWJ, Poppy Hayono Isman, yang ikut hadir menyaksikan kemeriahan acara ini mengatakan,  sepanjang bulan Ramadan sesungguhnya GWJ telah menggelar  beberapa acara, antara lain memberikan takjil untuk berbuka  puasa secara gratis  kepada masyarakat di berbagai tempat keramaian. 

"Alhamdulllilah, kegiatan ini mendapat sambutan baik dari masyarakat. Insha Alloh, kami akan kita perbaiki kualitas acara maupun jumlah peserta, supaya kegiatan berbagi terhadap sesama ini semakin menjadi berkah bagi semuanya", ucapnya

Shanty sendiri mengaku bangga  atas kerjasama dan kekompakan diantara pengurus GWJ yang baru terhimpun di 31 provinsi dari 34 propinsi yang ada di Indonesia. “Saat ini jumlah anggota GWJ ada sekitar 5000 orang dengan latar belakang berbeda namun bisa bersatu, terlebih dalam acara di bulan Ramadan ini!’ kata Shanty.

Sementara itu ketua GWJ Jakarta Selatan  Bobby Indroharto menyebut  acara buka puasa ini sebagai bagian dari menjalin silaturahmi antara relawan dan masyarakat, khususnya juga dengan anak yatim.

“Kita berikan hiburan, santunan dan bingkisan. Kita menyikapi situasi Indonesia belakangan ini, di mana perbedaan sikap dalam masyarakat yang mengeras,” ujar Bobby yang menyebut tema acara  hari itu tentang keberagaman  dalam konteks islam sebagai berkat.

‘Sebenarnya  masyarakat kita penuh cinta kasih, saling mengasihi dan saling berbagi. Kegiatan kecil seperti hari ini kami yakin akan meningkatkan silaturahmi, menangkal radikalisme dan hal-hal yang keras. Sejatinya, marwah orang Indonesia itu penuh dengan silaturahmi, itu pula yang ingin kita kampanyekan lagi!” kata Bobby.

Bobby lebih lanjut menerangkan relawan Jokowi, akan mengakampanyekan gerakan kebaikan, “Karena kita mendukung orang baik ya Pak Jokowi itu!’ Bobby menegaskan.

Menurut Bobby sebagai bentuk toleransi  yang nyata,  acara buka puasa  hari itu diisi  dengan pengisi acara maupun kepanitiaan yang beragam. Ada yang beragama Kristen, Islam dan Hindu.

“Kami juga tidak membedakan ras. Tadi  ada Morgan Oey. Ini untuk menunjukan Islam itu tidak keras. Islam itu perekat bangsa. Dan kami ingin mengkampanyekan bahwa relawan Jokowi itu cinta kebersamaan, penuh cinta kasih; cinta keragaman, cinta Indonesia dan menjadi role model insan yang ramah!” tutup Bobby XPOSEINDONESIA/NS Foto  Dudut Suhendra Putra.

More Pictures

[widgetkit id=1536]

 

 

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) Event Wed, 06 Jun 2018 05:52:14 +0000
Anna Mariana Dilamar Forum Silaturahmi Keraton Nusantara http://xposeindonesia.com/etc/what-s-on/2350/anna-mariana-dilamar-forum-silaturahmi-keraton.html http://xposeindonesia.com/etc/what-s-on/2350/anna-mariana-dilamar-forum-silaturahmi-keraton.html Anna Mariana Dilamar Forum Silaturahmi Keraton Nusantara
Keraton merupakan mitra pemerintah dalam pelestarian budaya. Keraton memegang peranan penting dalam penjaga tradisi budaya dan menjaga keberagaman. Sayangnya, menurut…

 

Hadir dalam kunjungan tersebut antara lain YM Keraton Kasultanan Kesepuhan, Cirebon, YM Brigjen (P) DR Drs AA Maparessa MM, M.Si  dari Turikale Maros , Sulsel  (Dewan Pakar), YM Evi Oktavia Kerajaan Turikale Maros, SulSel (Bendum), YM Tondi Utama Hasibuan, BA(Hons) MA,  Kerajaan Huristak, Sumut , Ir. Jenny Helda Sarimanella (wasekjen), Ir Agus Mulya Sutanto, SH, MH, MM ( Tim Advokat), Dra Hj DP RAy Yani Soektojo Kuswodidjoyo MP (Sekjen FSKN)

Kunjungan PRA Arief Natadinigrat bersama team lengkap ini selain untuk  bersilaturahmi juga  meminta kesediaan Anna Mariana untuk duduk sebagai Dewan Pembina di FSKN bersama Ibu Musdalifah.

“Sebelumnya  yang sudah duduk di posisi ini adalah Bapak Presiden Jokowi, Bapak Luhut Binsar Panjaitan dan beberapa nama lain!’ ujar Anna Mariana  yang merasa mendapat penghormatan sekaligus tanggung jawab baru yang membanggakannya.

PRA Arief Natadinigrat  kemudian memaparkan kelemahan yang ada dalam seluruh keraton di Indonesia, yang saat ini  sudah pula diketahui Presiden Jokowi.

Bahkan dalam  dalam pidato di depan para  Raja dan Sultan  Nusantara pada 4 Januari 2018, Jokowi sudah berjanji  “akan segera melakukan perbaikan dan melakukan restorasi pada keraton. Bukan satu-satu. Tapi 4-5 sekaligus, agar kerjanya tidak sedikit-sedikit!” kata Jokowi seperti yang viral dalam sebuah video.

Dan menurut Anna,  “Janji  Jokowi ini  menjadi semacam penyemangat untuk terus menjaga tradisi budaya dan lebih meningkatkan fungsi keraton,” kata Anna Mariana yang ditemani suami tercinta Tjokorda Ngurah Agung Kusumayudha, SH, MS, MSc.

Menurut Anna, ia juga diminta memberikan kontribusi dalam pengembangan budaya-budaya di Keraton Nusantara, agar nantinya bisa berkembang lebih baik dan bahkan bisa menjadi obyek Pariwisata  Budaya Nusantara di masa depan.

“Pendeknya, keraton harus bisa berkembang lebih modern menyesuaikan budaya jaman kini, tanpa meninggalkan pakem, serta orisinalitas sejarah budaya sebagaimana warisan budaya leluhur yang sudah ada!” kata Anna mengunci percakapan. XPOSEINDONESIA Foto : Dok. Pribadi

More Pictures

[widgetkit id=1531]

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) What's On Thu, 31 May 2018 05:35:45 +0000
Yayasan Dana Mustadhafin Buka Puasa & Hibur 1000 Anak Yatim & Duafa http://xposeindonesia.com/etc/event/2348/yayasan-dana-mustadhafin-buka-puasa-hibur-1000-anak-yatim-duafa.html http://xposeindonesia.com/etc/event/2348/yayasan-dana-mustadhafin-buka-puasa-hibur-1000-anak-yatim-duafa.html Yayasan Dana Mustadhafin Buka Puasa & Hibur 1000 Anak Yatim & Duafa
Minggu petang, 27 Mei 2018, suasana di Balai Komando Kopassus, Cijantung Jakarta Timur terlihat meriah. Tampak 1000 anak yatim dan…

 

Anak-anak itu terlihat ceria, manakala penyanyi lagu-lagu religi Islami, Sulis tampil membawakan lagu-lagu hitsnya seperti ‘Ya Thoyibah’, ’Sholatun Bisalamil Mubin’,  Ummy dan lain-lain, Mereka ikut bernyanyi dengan lirik yang dihafal. Suara keras mereka bernyanyi serta merta memenuhi seluruh ruangan.

“Masya Allah,  Alhamdulillah ternyata adik-adik hafal  semua ya dengan lagu Sholatun Bisalamil Mubin’,” ujar Sulis  seusai menyanyi. “Itu sholawat buat kekasih kita, nabi kita Muhammad   SAW, memang wajib dihafal, ya!” ujar penyanyi yang pernah berduet dengan Hadad Alwi tersebut. Sebelum Sulis mucul, Iki Yosan, selaku pendongeng sudah lebih dulu menghibur anak-anak yatim dan duafa ini. 

Eko Nugroho, Manager dari Yayasan Dana Mustadhafin,  (sebuah lembaga filantropi, yang bertujuan membantu dan memberdayakan anak yatim dan dhuafa sebagai sesama anak bangsa) ini  mengatakan,  event ini sengaja dirancang  di bulan Ramadan, selain  untuk memberi santunan, sekaligus juga memberikan edukasi. 

“Selain diajak membaca Al Quran secara bersama,  ada juga pesan motivasi yang disampaikan pendongeng, juga mendapat keceriaan dari hiburan yang dibawakan Sulis!”

Eko menyebut, kegiatan  rutin yang dilakukan Yayasan Dana Mustadhafin ini didukung oleh sejumlah donotur dari sejumlah CSR perusahan terkenal seperti PT Angkasa Pura II, BNI 46, Sucofindo, PT Kimia Farma, CIMB Niaga Syariah, Mayasari Bakti, Prima Jasa, Maugust, HIPMI, Japnas (Jaringan Pengusaha Nasional), Baso H Dede, Una, Ultra Jaya,  Ultra Mini, Fruitamax, Serr, Mizone, Vit, Interface,  dan Idea. Serta sejumlah media partner yakni JAK TV  dan Majalah Philanthropy. XPOSEINDONESIA/NS Foto Dudut Suhendra Putra


More Pictures

[widgetkit id=1529]

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) Event Mon, 28 May 2018 16:32:22 +0000
KOWANI Fair 2018 ‘Optimalisasi Kemandirian Perempuan Pengusaha untuk Ketahanan Ekonomi Keluarga’ http://xposeindonesia.com/etc/event/2341/kowani-fair-2018-optimalisasi-kemandirian-perempuan-pengusaha-untuk-ketahanan-ekonomi-keluarga.html http://xposeindonesia.com/etc/event/2341/kowani-fair-2018-optimalisasi-kemandirian-perempuan-pengusaha-untuk-ketahanan-ekonomi-keluarga.html KOWANI Fair 2018 ‘Optimalisasi Kemandirian Perempuan Pengusaha untuk Ketahanan Ekonomi Keluarga’
Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) akan menggelar pameran KOWANI Fair 2018 yang berlangsung di Gedung SME TOWER Jakarta pada 24-27 Mei…



Ketua Umum Kowani Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd mengatakan,  KOWANI Fair 2018 menjadi wujud komitmen KOWANI untuk  memperkenalkan dan mempromosikan serta memajukan pariwisata Indonesia melalui usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor pariwisata.

Sedangkan  kegiatan GA-ICW ke-35 akan membawa dampak positif bagi perkembangan pariwisata di Indonesia dan khususnya di Kawasan  Borobudur dan sekitarnya. “Kowani mengundang para duta besar pada acara pembukaan yang rencana akan dibuka oleh Menteri PP-PA dengankeynote speech Menteri Perindustrian,” kata Giwo Rubianto Wiyogo didampingi Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Prof.DR. I Gde Pitana, Msc. yang diwakili oleh Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II, Sumarni, dan Ketua Panitia Ony Jafar Hafsah, SE dalam jumpa pers penyelenggaraan KOWANI Fair 2018 di Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenpar, Senin (21/5/2018).

Giwo Rubianto menjelaskan, KOWANI sebagai federasi dari 91 organisasi wanita tingkat pusat yang merupakan payung organisasi wanita di Indonesia mempunyai tugas di antaranya memfasilitasi, mendukung dan memberi penguatan kepentingan untuk organisasi anggota dan  salah satu kontribusi nyata KOWANI adalah selama 17 tahun terakhir telah menggelar KOWANI Fair  dalam rangka mempromosikan industri kreatif serta menciptakan jalur komunikasi antara produsen, penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.  “Seperti tahun-tahun sebelumnya pameran KOWANI Fair 2018  akan menjembatani serta memfasilitasi wanita pengusaha untuk mempromosikan hasil produknya, sekaligus sebagai sarana dalam mencari pasar-pasar baru bagi produknya,” kata Giwo Rubianto.

Pada  KOWANI Fair 2018, kata Giwo Rubianto,   sengaja mengangkat tema kemandirian perempuan pengusaha untuk ketahanan ekonomi keluarga karena hal ini sesuai dengan salah satu Program Umum Kowani bidang Ekonomi dan Koperasi yaitu meningkatkan pemberdayaan wanita di bidang ekonomi sebagai pelaku usaha dengan memperkuat jejaring usaha secara regional maupun global.

KOWANI pada tahun 2015 menjadi tuan rumah acara side event di CSW-60, NY, dengan membawakan tema ‘Peran UKM dalam pemberdayaan Perempuan dan Pembangunan  berkelanjutan’ yang diharapkan dapat memacu wirausaha Indonesia terutama Wirausaha Perempuan untuk lebih kreatif, inovatif dan produktif, dimana KOWANI peduli untuk peluang ekonomi perempuan yang merupakan hal  mendasar untuk pembangunan berkelanjutan. “Dengan  memperkuat posisi perempuan dalam masyarakat dan ekonomi, kita akan memiliki multiplyer effect dalam mencapai dan menjangkau tujuan SDG’s terutama pada kemiskinan, kelaparan, kesehatan, pendidikan dan kesetaraan gender,” katanya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana yang diwakili oleh  Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II, Sumarni mengatakan, pemerintah memberi apresiasi penyelenggaraan KOWANI Fair  2018 di Gedung SME TOWER Jakarta pada 24-27 Mei 2018 dalam rangkaian kegiatan Kowani sebagai tuan rumah GA ICW ke-35 dan Rembuk Nasional dalam rangka HUT Kowani ke-90 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada September 2018 mendatang.

“Pameran KOWANI Fair 2018 mempunyai dampak langsung terhadap pariwisata Jakarta sebagai destinasi wisata MICE (Meeting, Incentive, Convetion, and Exhibiton/Event). Sebagai kota MICE, Jakarta harus banyak terselenggara pameran di antanya pameran KOWANI Fair sebagai ajang mempertemukan memperkenalkan dan mempromosikan serta memajukan pariwisata Indonesia melalui usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor pariwisata.

 “Pameran ini sangat tepat momentumnya diselenggarakan di bulan Ramadhan karena masyarakat sedang membutuhkan berbagai keperluan menjelang liburan Idhul Fitri 2018,” kata Sumarni.

Penyelenggaraan pameran ini merupakan bagian dari  rangkaian kegiatan KOWANI sebagai tuan rumah GA ICW ke-35 dan Rembuk Nasional dalam rangka HUT Kowani ke-90 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada September 2018 mendatang akan membawa dampak langsung terhadap kunjungan wisatawan ke Yogyakarta atau Joglosemar (Yogkarta, Solo, dan Semarang) sebagai satu di antara 10 destinasi branding. “Event GA ICW ke-35 Rembuk Nasional HUT KOWANI ke-90 akan membawa dampak langsung terhadap pariwisata yang tahun ini mentargekan 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) 270 juta  pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air,” kata Sumarni.

Ketua Panitia Ony Jafar Hafsah menjelaskan, Kowani Fair 2018 memamerkan produk unggulan dari seluruh Indonesia sehingga dapat mengundang pengunjung baik wisnus maupun wisman dengan target setiap hari 1.200 pengunjung. “UMKM di sektor pariwisata memilik potensi sangat besar untuk mendorong perekonomian Indonesia.

Pariwisata merupakan sektor unggulan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah saat ini,” katanya.

Penyelenggaraan KOWANI Fair 2018 bertujuan pertama, untuk meningkatkan perekonomian (organisasi) anggota dan masyarakat melalui penciptaan barang – barang yang inovatif dan kreatif.  Kedua, memberikan peluang bagi organisasi anggota dan pengusaha wanita Indonesia untuk dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja dan peningkatan daya saing dalam memasuki era digital. Ketiga, meningkatkan kecintaan masyarakat untuk menggunakan produksi dalam negeri dan dapat menggerakkan perekonomian nasional menuju terwujudnya kemandirian bangsa. Keempat, sebagai ajang promosi efektif dan kompetitif dalam pengenalan produk yang bermutu,  dan Kelima,  sebagai ajang untuk memperoleh manfaat pemasaran dengan memaksimalkan seluruh komponen pendukung. Selain itu, kontribusi kowani fair yakni melalui pemasaran hasil produk di pameran, dan kemajuan perempuan di setiap sektor pembangunan, termasuk pariwisata.

Seperti diketahui KOWANI adalah federasi dari 91 organisasi wanita tingkat pusat yang merupakan payung organisasi wanita di Indonesia, yang terdiri dari organisasi profesi, organisasi keagamaan dan organisasi kemasyarakatan yang berdiri sejak tanggal 22 Desember 1928 melalui Kongres Perempuan Indonesia Pertama di Jogyakarta. KOWANI senantiasa berperan aktif dalam mewujudkan pengembangan dan kemajuan perempuan Indonesia disetiap sektor dalam mendukung pembangunan ekonomi, sosial budaya, pendidikan, hukum, kesehatan dan politik, untuk kesejahteraan sebagai kontribusi positif negara. XPOSEINDONESIA- Teks dan Foto Biro Hukum dan Komunikasi Publik

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) Event Tue, 22 May 2018 03:44:20 +0000
Tadashi Suzuki & Restu Kusumaningrum Angkat Lakon 'Dionysus' dengan Spektakuler http://xposeindonesia.com/etc/event/2339/tadashi-suzuki-restu-kusumaningrum-angkat-lakon-dionysus-dengan-spektakuler.html http://xposeindonesia.com/etc/event/2339/tadashi-suzuki-restu-kusumaningrum-angkat-lakon-dionysus-dengan-spektakuler.html Tadashi Suzuki & Restu Kusumaningrum Angkat Lakon 'Dionysus' dengan Spektakuler
Sebuah pentas teater spektakular berjudul “Dionysus“ bakal digelar. Mengangkat tema cerita tentang tragedi Yunani, disutradarai orang Jepang, maestro teater Tadashi…

Pementasan besar ini diproduksi bersama oleh SCOT (Suzuki Company of Toga) dari Jepang dan Purnati dari Indonesia ini akan dipentaskan pertama kali (world premiere) di musim panas tahun ini, di Festival SCOT Summer Season 2018 (28 August-02 September 2018) di Toga Art Park of Toyama Prefecture Jepang. Kemudian dipentaskan di Indonesia di Teater Terbuka Candi Prambanan pada 29-30 September 2018. 

Para aktor Indonesia akan menggunakan bahasa daerah asal mereka. Dalam pertunjukan ini  ada penggunaan bahasa Batak, Rejang, Madura, Manado, Sunda, dan Jawa dengan tiga dialek  Jogjakarta, Surakarta, dan Banyumas.  “Sebetulnya kami juga melakukan riset untuk melibatkan Aceh dan Kalimantan. Tapi ada beberapa kendala, sehingga  mereka tak jadi terlibat,” kata  Restu Kusumanigrum, penari senior sekaligus produser acara

Gagasan koIaborasi untuk pentas Dionysus muncul ketika pada 2015 Tadashi Suzuki dan Asia Center Japan Foundation meminta Restu Kusumaningrum dari Pumati untuk mengatur sejumlah pertunjukan tradisional Indonesia yang akan ditonton oleh mereka. Saat itu, ada dua kelompok yang dilihat. Dan dua kelompok ini kemudian diundang berpartisipasi daIam festival musim panas pada September 2015 di Toga dan mendapat sambutan sangat batik.

Menurut Restu, ia dan Suzuki kemudian bersepakat menjadikan hubungan mereka lebih maju. “Suzuki kemudian setuju menyutradarai aktor-aktor Indonesia berbasis karya pertunjukannya. Metode keaktoran Suzuki, saya yakini akan meningkatkan kecakapan para pelakon Indonesia yang terlibat!”.

Dionysus diadaptasi oleh Tadashi Suzuki dari tragedi Yunani kuno The Bacchae ditulis oleh dramawan Athena Euripides. Dionysus, Sang Dewa Anggur, bemaksud menghukum Raja Thebes Pentheus yang pemah menghinanya. Yang ia Iakukan untuk itu  adalah memikat   hati para wanita di Thebes satu per satu, termasuk ibu Pentheus, Agave, dan menggiring mereka ke Gunung Cithaeron.

Pentheus yang ikut terpesona diarahkan  perjamuwan pesta pesta penuh kegilaan para wanita di Gunung Cithaeron. Tubuh Pentheus  kemudian dicabik-cabik oleh para wanita tersebut. Dalam keadaan mabuk, Agave membawa  kepala Pentheus  dan  dan meninggalkan pasta.  Saat terbangun, Agave  sadat ia telah dimanfaatkan

Proses audisi untuk aktor Indonesia datang dari berbagai kelompok teater digelar awal Juni 2016 di Jakarta. Dari 48 aktor yang ikut, 16 orang terpilih mengikuti latihan “Suzuki Method of Actor Training Program” di Toga Jepang selama 2 minggu dari 31 Agustus - 14 September 2016. Setelah itu ada audisi kedua di Bali Pumati pada Desember 2016, jumlah aktor yang terseleksi susut menjadi 13. Selanjutnya, mereka mengikuti latihan gerak dan pembacaan intensif naskah Dionysus dalam bahasa ibu mereka masing masing di Studio Jampang, Bogor. Casting dan rehearsal perdana dilakukan di Toga, Jepang, pada 19 April-07 Mei 2017.

Masih pada tahun yang sama, para aktor terpilih kembali melakukan latihan di Bali  Pumati pada 06-20 Oktober 2017. Untuk menyempunakan pengadeganan yang belum tuntas saat di Toga, Suzuki mengutus Takemori sebagai astrada-pelatih dan Kiyama sebagai asisten  pelatih. Keduanya adalah aktor Suzuki Company of Toga (SCOT) yang pemah terlibat pula dalam pertunjukan Dionysus versi Jepang.

Pada 21-26 Oktober 2017 latihan berlanjut ke Jogjakarta. Suzuki datang ke Prambanan untuk melihat langsung perkembangan latihan para aktor dan Teater Terbuka Prambanan.  Saat itu, rehearsal sudah menyelesaikan keseluruhan adegan. Tahap berikutnya adalah proses penyesuaian dengan komposisi musik, kostum, dan tongkat pedang untuk pendeta.

Di tahun 2018, dari tanggal 4 sampai 23 Maret, dalam kondisi Toga masih bersaiju, 14 aktor termasuk aktor cadangan hasil seleksi ketiga, kembali melakukan rehearsal selama  tiga minggu. Selain mengulang latihan di Prambanan, para aktor juga melakukan destilisasi dan presisi dengan kostum sentuhan Indonesia dan komposisi musik baru.

Komposer Jepang, Midori Takada, yang dalam produksi ini bertindak selaku penata musik, menghadirkan gubahan baru dengan mengolah unsur musik tradisi dari berbagai wilayah di Indonesia, antara lain gendang rapai Aceh, gamelan Bali, serunai Minang, rebab Sunda, dan kenong Jawa. Adapun untuk kostum, beberapa rancangan baru Auguste Soesastro yang menggunakan berbagai kain unik Indonesia bakal melengkapi kostum yang sudah dirancang Tadashi Suzuki.

Produksi Dionysus yang melibatkan seniman-seniman dari berbagai negara ini pada akhimya menjadi perjalanan bersama yang mana setiap orang belajar, berbagi, dan bergaul dengan gembira dan saling menghormati. Dengan hadirnya jejaring kreatif semacam ini, diharapkan akan terus berkembang di kemudian hari, makin besar peluang seniman Tanah Air berkiprah di panggung dunia. XPOSEINDONESIA  Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

[widgetkit id=1522]

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) Event Thu, 17 May 2018 09:22:58 +0000
Lave Matsuri : Festival Jepang di Lagoon Avenue Bekasi http://xposeindonesia.com/etc/event/2327/lave-matsuri-festival-jepang-di-lagoon-avenue-bekasi.html http://xposeindonesia.com/etc/event/2327/lave-matsuri-festival-jepang-di-lagoon-avenue-bekasi.html Lave Matsuri : Festival Jepang  di Lagoon Avenue Bekasi
Festival Jepang bertajuk Lave Matsuri dselenggarakn untuk pertama kalinya di Mall Lagoon Avenue Bekasi. Acara yang diselenggarakan bekerja sama dengan…

 

Terlihat sejumlah booth merchandise dan pameran karakter superhero dan anime, sederet hiburan musik, beragam kompetisi serta kebudayaan khas negeri Sakura turut memeriahkan acara ini.

Elza Syafitri, Event & Promotion SPV dari Mall Lagoon Avenue, mengatakan kebudayaan Jepang dipilih tidak lepas dari berkembangnya berbagai komunitas Jepang yang saat ini tersebar di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi.

"Melalui acara ini, kami ingin memberikan ruang bagi komunitas pecinta Jepang untuk bisa berkreasi positif melalui berbagai kegiatan yang diadakan di Lagoon Avenue Bekasi," ujar Elza.

Di hari pertama event,  pada Jumat, 4 Mei 2018, acara dibuka dengan penampilan enerjik dari Mainichi Tea Time, Project Cadmus, dan Visual Dream Band.

Pertunjukan kebudayaan pun turut disuguhkan bagi para pengunjung seperti seni budaya Taiko, yaitu drum yang ditabuh bersama sehingga menghasilkan musik yang indah hadir pada Sabtu, 5 Mei 2018. Kemudian Lave Matsuri memberikan ruang bagi para pencinta Jepang untuk berkreasi melalui Dance Cover Competition, Anime Song Cover Competition, dan penampilan dari Artican Band.

Para pengunjung juga dapat mengikuti acara Nonton Bareng Anime Movie “No Game No Life” dan “Mazinger Z” pada 4 dan 5 Mei 2018 di CGV Cinemas, Lagoon Avenue Bekasi.

Cosplay Competition menjadi salah satu acara paling dinantikan dan selalu ramai diikuti oleh anak muda yang penuh kreativitas. Para cosplayer pun dibebaskan untuk berkreasi dalam berdandan dan menggunakan kostum terbaik sesuai dengan tokoh favoritnya. Ini menjadi perhatian utama para pengunjung hingga  mereka ingin berfoto bersama para cosplayer. Kompetisi Cosplay baik Armor maupun Non Armor berlangsung pada Minggu, 6 Mei 2018.

Selain berbagai macam kompetisi, acara juga dimeriahkan Talk Show dari beberapa komunitas seperti Saint Cloth Myth Revolution, Metal Heroes Indonesia, Gundam Bekasi Community, Kotama, dan Cosplay Bogor. Acara  hari terakhir ditutup dengan  penampilan dari DDM x MONOLITE. XPOSEINDONESIA - Foto Ist

More Pictures

[widgetkit id=1515]

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) Event Mon, 07 May 2018 08:18:32 +0000
Indonesia Masuk Top-20 Vegetarian-Friendly Countries. http://xposeindonesia.com/etc/what-s-on/2320/indonesia-masuk-top-20-vegetarian-friendly-countries.html http://xposeindonesia.com/etc/what-s-on/2320/indonesia-masuk-top-20-vegetarian-friendly-countries.html Indonesia Masuk Top-20 Vegetarian-Friendly Countries.
Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tak pernah henti melakukan terobosan baru untuk pengembangan produk wisata demi meningkatkan jumlah wisatan yang masuk ke…

Seperti kita tahu, vegetarian adalah sebutan bagi orang yang hanya makan dari tumbuh-tumbuhan dan tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging dan unggas, namun masih mungkin mengonsumsi produk olahan hewan seperti telur, keju, atau susu.

“Komunitas vegetarian dunia mencapai 500 juta orang, terbesar di India sebanyak 350 juta dan China 50 juta. Kedua negara ini masuk dalam Top-5  Pasar wisman (wisatawan mancanegara), yakni Tiongkok, Eropa, Australia, Singapura, dan India,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya ketika me-launching Konser Budaya Alam Nusantara di Balairung Soesilo Soedarman, kantor  Kementerian Pariwisata, Rabu siang (2/5/2018).

Menurut catatatan kemenpar kunjungan wisman dari Tiongkok menempati urutan teratas karena size terbanyak 2,2 juta  wisman, untuk pertumbuhan (sustainability) tertinggi mencapai 42%, sedang perolehan devisa (spread) terbesar. Sedangkan wisman India baru tahun ini masuk ke dalam urutan kelima dalam Top-5 pasar, ditargetkan 700 ribu wisman (size) dan pertumbuhan sebesar 40% (sustainability).

“Tahun lalu jumlah wisman India yang berkunjung ke Indonesia sebanyak 485.000 wisman atau mengalahkan Korea, dan tahun ini akan menyalip posisi Jepang,” kata Arief Yahya.

Menurut Menpar Arief Yahya, kalangan komunitas vegetarian di Indonesia telah mengembangkan 10 destinasi digital vegetarian di antaranya ada yang sudah di-launching yakni di Belitung, Banten, Tomohon, Batam, serta Pontianak. Selain itu juga sudah ditetapkan 10 makanan terlezat vegetarian di Indonesia antara lain gado-gado, sayur asem, nasi goreng, hingga pecel. 

“Awalnya ketika ditanya apa ada destinasi wisata vegetarian di Indonesia, ternyata sudah ada di Belitung, obyeknya desa wisata dengan kebun organik, begitu pula kulinernya sudah ada 10 jenis makanan vegetarian terfavorit di antaranya gado-gado, nasi goreng, dan pecel,” kata Arief Yahya. 

Posisi Indonesia saat ini menurut The Global Vegetarian Index yang dikeluarkan oleh Oliver’s Travel masuk dalam peringkat ke-16 dari 183 negara yang ramah vegetarian atau masuk Top-20 Vegetarian-Friendly Countries.

“Ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi menjadi salah satu negara tujuan destinasi wisata vegetarian kelas dunia dan banyak diminati para wisatawan dari komunitas vegetarian dunia,” kata Menpar Arief Yahya.

Dari Top-20 Vegetarian-Friendly Countries, negara Seychelles berada di urutan teratas, sedangkan Thailand urutan kedua, dan Malaysia urutan ketiga. Jumlah restoran vegetarian di Indonesia sebanyak 438 restoran, sedangkan Malaysia memiliki 1.185 restoran, Thailand 908 restoran, dan Singapura memiliki 654 restoran vegetarian. XPOSEINDONESIA Foto : Biro Komunikasi Publik Kemenpar


]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) What's On Thu, 03 May 2018 02:55:38 +0000
Puncak Perayaan Hari Yoga Internasional Digelar di Prambanan http://xposeindonesia.com/etc/event/2319/puncak-perayaan-hari-yoga-internasional-digelar-di-prambanan.html http://xposeindonesia.com/etc/event/2319/puncak-perayaan-hari-yoga-internasional-digelar-di-prambanan.html Puncak Perayaan Hari Yoga Internasional Digelar di Prambanan
Yoga yang berakar dari ajaran agama Hindu di India, dari 7000 tahun silam, hari ini telah mendunia dan masuk ke…

 

Karena itulah  10 kota di Indonesia akan menggelar festival yoga internasional untuk kepentingan wisata, dan   akan berlangsung sepanjang April hingga Juni 2018. Festival ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Yoga Internasional ke 4 yang jatuh pada 21 Juni. Festival  sendiri akan dilangsungkan selama sepuluh kali.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya optimis, wisata yoga yang disandingkan dengan kuliner vegetarian akan menjadi daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari India yang tahun ini ditargetkan sebanyak 700 ribu wisman

 “Secara khusus kita belum punya destinasi wisata yoga, namun Bali sebagai destinasi yang paling digemari wisman India dan menjadi tempat favorit untuk menggelar festival yoga,” kata Menpar Arief Yahya dalam jumpa pers Peluncuran Perayaan Hari Yoga Internasional (International Day Yoga) ke-4, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Senin siang (30/4/2018).

Menpar Arief Yahya didampingi Duta Besar Republik India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat, Deputi Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya, Direktur Pemasaran Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, (PT. TWCBP & RB) Ricky Siahaan, dan aktor Anjasmara Duta Yoga dan instruktur, menjelaskan bahwa festival kuliner bagi komunitas vegetarian (vegan) juga menjadi salah satu daya tarik .

“Untuk wisata kuliner kita baru tetapkan Bali, Bandung, dan Joglosemar (Jogya, Solo, dan Semarang), dan beberapa festival kuliner vegetarian banyak diminati wisman India,” kata Arief Yahya.

Menurut Arief Yahya, wisman India masuk pasar Top-5 dalam memberikan kontribusi jumlah kunjungan wisman. Indonesia tahun ini mentargetkan 17 juta wisman dengan mengandalkan dua pasar utama yang memiliki size besar, yakni China dan India. 

“Nomor pertama wisman dari China tahun lalu sebanyak 1,9 juta dengan pertumbuhan mencapai 40%, sedangkan wisman India sebesar 30% hingga 40%, tahun lalu sebesar 500 ribu, momentum sebagai tuan rumah peringatan Hari Yoga Internasional 2018, kita targetkan 700 ribu wisman India,” kata Arief Yahya.

Duta Besar Pradeep Kumar Rawat menjelaskan, kegiatan Yoga selain meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran juga mendukung kegiatan pariwisata, ”Bali paling digemari masyarakat India untuk melakukan aktivitas yoga,  juga Prambanan Yogyakarta paling disukai untuk festival yoga,” kata Pradeep Kumar Rawat .

Hal senada juga diungkapkan Anjasmara, setiap bulan ada 2 festival Yoga besar berlangsung di Bali dan diikuti peserta dari berbagai negara. “Banyak tempat untuk pelatihan Yoga di Destinas Ubud dan Karangasem Bali dan pesertanya banyak dari mancanegara,” kata Anjasmara.

Direktur Pemasaran Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, (PT. TWCBP & RB) Ricky Siahaan mengatakan, kawasan wisata Candi Prambanan, Yogyakarta akan menjadi puncak perayaan International Day Yoga (IDY) ke-4, pada hari Minggu, tanggal 24 Juni 2018. “Kegiatan di Prambanan akan mencapai rekor terbanyak pesertanya karena akan diikuti 10.000 peserta,” kata Ricky Siahaan. 

Perayaan Hari Yoga Internasional (IDY) ke-4 2018 di Indonesia akan berlangsung di 10 kota besar, dan puncak acaranya akan berlangsung di kawasan Candi Prambanan Yogyakarta. Tema perayaan IDY ke-4 adalah; *Sepuluh Kota, Sepuluh Hari, Menyatukan Dua Puluh Ribu Pecinta Yoga “Mempromosikan Kesehatan dan Kebahagiaan melalui Yoga”.*

Dalam rangkaian perayaan, berbagai sesi Yoga akan dilakukan oleh para guru Yoga dari India yang dilatih secara professional. Kegiatan di 10 kota berlangsung di Malang (22/4), Jakarta (28/4), Yogyakarta (5/5), Bandung (9/6), Bali (16-17/6), Surabaya (21/6), Jakarta (23/6), Medan (24/6), Yogyakarta (24/6), dan Surabaya (10/8). XPOSEINDONESIA/NS Foto : Biro Komunikasi Publik Kemenpar

More Pictures

[widgetkit id=1511]

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) Event Thu, 03 May 2018 01:50:00 +0000
IKANAS Run for Education 2018, Sehat Badan, Peduli Pendidikan http://xposeindonesia.com/etc/event/2318/ikanas-run-for-education-2018-sehat-badan-peduli-pendidikan.html http://xposeindonesia.com/etc/event/2318/ikanas-run-for-education-2018-sehat-badan-peduli-pendidikan.html IKANAS Run for Education 2018, Sehat Badan, Peduli Pendidikan
Bertepatan dengan peringatan hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei, lkatan KeIuarga Alumni Pendidikan Tinggi Kedinasan Kementrian Keuangan yang…

 

Salah satunya dengan menyelenggarakan ‘IKANAS Run for Education 2018’ yang akan diadakan Minggu, 6 Mei 2018 di Kampus PKN STAN di Bintaro. Kegiatan ini didukung oleh Bank Mandiri, PT. Pelindo III, Telkomsel, PT. Patra Jasa, Kantor Konsultan Pajak Heru Lukman Pitra, PT. Pertamina Lubricants, Pan Brother, LPS, Elnusa Petrofin.

Erny Murniasih, Ketua Panitia ‘IKANAS Run for Education 2018’ dalam press conference mengatakan, “Ini merupakan acara pertama dari  IKANAS. Sebagai organisasi alumni, IKANAS selama ini terbiasa peduli pada pendikan anak-anak sekolah, terutama  di daerah 3 T (Terpencil, Terluar dan Terdalam,” kata Erny.

‘lkanas Run for Education 2018’ adalah event olah raga yang bertujuan mengajak masyarakat untuk menjalani pola hidup sehat sekaligus juga perduli terhadap pendidikan.

Event  memiliki 2 kategori yakni  10K dan 3K, dengan peserta diikuti 1000 orang. Peserta terdiri dari mahasiswa PKN STAN, Alumni juga masyarakat umum.  Khusus untuk mahasiswa wajib membayar Rp 50.000 sementara alumni dan umum membayar sebesar Rp 150.000. Dengan catatan masing-masing peserta membawa satu buku.

Dwi Wahyu Daryoto sebagai Ketua lKANAS STAN  menyebut, seluruh dana yang diterima dari pendaftaran peserta akan disumbangkan dalam program One Alumni One Book, dengan jalan dana dialokasikan untuk membeli Buku Panduan  USM Stan dan akan dikirim ke  SMA  di daerah 3 T. 

“PKN STAN sangat diminati oleh hampir seluruh pelajar SLTA di Indonesia. Tahun ini yang mendaftar ada 135.000, tapi yang diterima hanya 5.000!”

Menurut Dwi Wahyu kepedulian IKANAS pada pendidikan nantinya akan diarahkan pada  pemberian bea siswa. “Tapi  dalam tahap awal,  kita berikan buku dulu. Lewat acara ini, jika ada 1000 peserta yang memberikan buku,  pasti  akan terkumpul 100 buku.”

Kata Dwi, ada rencana sisa dana dari penyelenggaraan ini,  “Nantinya akan kita gunakan untuk  mengirim tenaga pengajar  yang akan mengajar kelas  Inspirasi ke  daerah 3 T.’ XPOSEINDONESIA/Muhamad Ihsan

More Pictures

[widgetkit id=1510]

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) Event Wed, 02 May 2018 12:18:55 +0000
INACRAFT 2018 Sukses Digelar http://xposeindonesia.com/etc/event/2316/inacraft-2018-sukses-digelar.html http://xposeindonesia.com/etc/event/2316/inacraft-2018-sukses-digelar.html INACRAFT 2018  Sukses Digelar
International Handicraft Trade Fair (INACRAFT 2018) , sukses digelar untuk yang ke-20 kalinya di Jakarta Convention Center, d ari 25-29…

Hingga penyelenggaraan hari ke-4  atau pada 28 April 2018, tercatat telah berhasil mendatangkan 1.022 buyer dari 47 negara dan dikunjungi 135.000 orang dari target 200.000 orang pengunjung. Sementara itu transaksi retail sendiri tercatat mencapai  angka Rp. 110.968.300.000,- dan kontak dagang sebesar US$ 10.620.500 dari yang ditargetkan transaksi retail sebesar Rp.149 milyar, serta kontrak dagang sebesar US$ 12 juta selama penyelenggaraannya.

Pameran yang dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla ini diikuti oleh 1.410 booth yang diisi oleh 1.700 peserta dari seluruh pelosok tanah air terdiri dari para perajin, pengusaha, produsen, dan eksportir kerajinan dan beberapa negara ikut menyemarakkan pameran  dan menampilkan produk kerajinan mereka seperti Jepang, Polandia, Uzbekistan, Korea Selatan dan beberapa negara anggota ASEAN tergabung dalam AHPADA (ASEAN Handicraft Promotion & Development Association).

INACRAFT  ke-20 ini menampilkan produk kerajinan, seni dan atraksi budaya Sumatera Utara sebagai IKON pameran dengan tema “The Loftiness of North Sumatra” mendampingi tema sentral INACRAFT “Colouring the World”.

Di samping menampilkan produk kerajinan, ikon provinsi ini juga mengisi acara pembukaan dengan pagelaran kesenian seni musik dan hiburan budaya berupa tari-tarian selama pameran.

Menurut Thamrin Bustami, Ketua Umum ASEPHI ada keistimewaan utama  dari penyelenggaraan INACRAFT tahun ini. “ASEPHI  sekaligus menerbitkan buku sejarah 20 tahun perjalanan  INACRAFT dari 120 booth di tahun pertama (1999) hingga menjelma menjadi lebih 1400 booth.

Selain itu ada special booth dari Extended Program Anggota ASEPHI yang mengikuti  Short Course Australia Award: International Business Readiness for Jewellery Design atas dukungan DFAT Australia.”

Dalam  rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang ditampilkan pula kesenian dan display produk kerajinan kolaborasi Indonesia dengan Jepang.

ASEPHI juga memberikan perhatian khusus dengan memberikan  fasilitas promosi  kepada kelompok Baduy Craft Banten dan Komunitas Diffabel dari Kriya Mata Kuching Bandung.

Penyelenggaraan INACRAFT tahun depan, direncanakan DKI JAKARTA akan menjadi IKON pameran serta Negara Maroko akan menjadi The 1st Country of Honour yang didukung oleh Ministry of Tourism, Air Transportation Handi-craft & Social Economy, Kingdom of Morroco. XPOSEINDONESIA/NS Foto : Istimewa

More Pictures

[widgetkit id=1508]

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) Event Tue, 01 May 2018 07:50:00 +0000
Poach'd Brunch & Coffee House – Tempat Paling Cozy Menikmati Brunch di Kemang http://xposeindonesia.com/etc/what-s-on/2315/poach-d-brunch-coffee-house-tempat-paling-cozy-menikmati-brunch-di-kemang.html http://xposeindonesia.com/etc/what-s-on/2315/poach-d-brunch-coffee-house-tempat-paling-cozy-menikmati-brunch-di-kemang.html Poach'd Brunch & Coffee House – Tempat Paling Cozy Menikmati Brunch di Kemang
Poach’d adalah restoran berkonsep brunch dan coffee house yang baru dibuka pada Januari 2018. Lokasinya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.…

Konsep restoran brunch  (gabungan kata breakfast dan lunch),  berasal dari Melbourne dan Sdyney. “Masyarakat di sana, sudah terbiasa menikmati kelezatan brunch sambil minum kopi  fresh yang lezat yang diracik sendiri oleh barista. Bukan kopi sachet!” ungkap Korizma Soraya, Owner dari  Poach.

Dan di Jakarta konsep restoran brunch ini  mungkin pernah temui. “Tapi konsep brunch di Poach’d sangat berbeda.  Kalau di tempat lain hanya buka untuk Sabtu dan Minggu, di sini kami buka setiap hari dari pukul 06.00-18.00 WIB,” ujar Korizma  lagi.

Lebih detail lagi, menurut Korizma, konsep  resto dan coffee house Poach’d memang berbeda dari bisnis yang berkembang di  kawasan Kemang. “Biasanya,  bisnis resto di daerah ini identik dengan bisnis nightlife, kami justru terbalik. Kami hanya buka di pagi hari dari pukul 06.00 pagi, kecuali pada bulan Ramadhan, kami buka lebih siang dari  pukul 09.00-21.00 WIB,” kata Korizma  yang memproyeksikan dalam dua tahun  bisnisnya baru terlihat break event point.

Maulana Pandu  dari bagian Marketing menyebut, waktu buka resto yang berbeda ini sebagai peluang sekaligus tantangan. “Kami melihat tidak semua orang menikmati nightlife, ada juga yang ingin menikmati harinya dengan normal.  Kami menawarkan sebuah peluang,  gaya Australia   dengan menu  makanan dan kopi  yang  kita berani bilang enak. Dan bukan cuma cocok untuk lidah ekspatriat, tapi  juga orang kita pun suka!”

Brunch A La Continental

Menu Makanan  yang disajikan menurut Nabil Jaghdour Advisor Head Chef mengadopsi makanan  Eropa, Amerika dan Austalia.  “Brunch di banyak tempat memang terbiasa disaji  saat week end. Tapi  kebanyakan  orang Austalia, saat bisnis lunch pun  mengkonsumsi  telur,  yang dipadu dengan alpukat  dan salad!”

Nabil  menyebut menu yang disajikan  selalu diupayakan  tetap menjaga cita rasa keaslian, seperti dari negeri asalnya.  Misalnya menu Spanyol, tetap memakai sosis Chorizo dan nasi Paela dipadu keju roti dan telur, menjadi brunch a la Continental. “Semua beef, lamb, pork  yang kami pakai masih import, kecuali untuk daging  ayam!” kata Nabil.

Khusus untuk makan siang,  Poach’d menyediakan 6 macam hidangan dari 6 negara. Antara lain masakah khas Australia Traffed Pepper Steak, Lamb Tagine dari Marocco dan juga masakan khas Indonesia “Ada Iga Bakar Bumbu Bali lengkap dengan sambal matahnya,“ kata Iwan Fales Sous Chef. “Dan sejumlah sayuran lokal, seperti bayam  tetap kita pakai juga!”

Tersedia pula  Sandwiches dan Toasties (dari Bahasa slang  Australia untuk Toast Bread) dan  kid’s corner  untuk porsi anak-anak. “Porsi kami terkenal dalam ukuran besar, dan kalau tamu makan tidak habis, biasanya mereka minta dibungkus  untuk dibawa pulang!” kata Korizma.

Khusus untuk minuman, Poach’d  menyediakan Hot Latte dan Cappuccino yang terbuat dari kualitas biji kopi asli Grade A dari Flores, Toraja dan Brazil. Biji kopi Manual Brew berasal dari beberapa negara di Afrika, seperti Rwanda, Kenya, Ethiopia dan lain-lain. Sementara itu, untuk kopi dingin dan segar terdapat ramuan Creamy Choco Nut, Caramelized Avo Coffee, Espresso Tonic.

Untuk harga, expensive-kah meluangkan waktu brunch di sini? “Lumayan. But it worth to spend! Karena makanan yang disajikan pasti enak dan formatnyanya besar!’ kata Korizma.   XPOSEINDONESIA/NS Foto Dudut Suhendra Putra

More Pictures

[widgetkit id=1507]

]]>
ihsan@musisiindonesia.com (XPOSE INDONESIA) What's On Tue, 01 May 2018 05:02:12 +0000